obrolan_cendekia
lazismu
Berita Dinamika persyarikatan

Satu Tahun Lazismu Gulirkan Gerakan Wakaf Mobil Umat

KUTOARJO-– Pekan lalu Lazismu kecamatan Kutoarjo adakan kajian umum dengan tema “Zakat itu hebat untuk melayani umat”. Kajian yang diadakan dalam rangka milad Lazismu Kutoarjo, dihadiri oleh para muzaki, muspika kecamatan Kutoarjo, kepala sekolah Muhammadiyah, para Pimpinan Cabang Muhammadiyah se kabupaten Purworejo, warga dan simpatisan Muhammadiyah.

Acara yang diselenggarakan di halaman masjid Darussalam Kutoarjo, pada Ahad, 31 Januari 2016, dibuka secara langsung oleh Ketua PDM Purworejo H Dandung Danadi. Dalam sambutannya beliau menekankan makna QS. Hujurat ayat 15, bahwa mukmin yang yang sebenarnya adalah orang yang beriman kepada Allah dan Rasulnya dan tidak ragu-ragu dan yang berjihad dengan harta dan jiwanya di jalan Allah. Di akhir sambutannya beliau mendorong agar dapat segera muncul Lazismu di kecamatan-kecamatan lain di kabupaten Purworejo.

Menurut dr. Kurbyanto selaku ketua Lazismu, sejak berdirinya Lazismu Kutoarjo sampai saat ini telah mempunyai muzaki kurang lebih 100 orang dengan perolehan ZIS 170 juta rupiah dan telah ditasarufkan kepada kaum fakir miskin sebanyak 250 orang, beasiswa 15 orang pelajar, bantuan untuk PAYM, dan bantuan pembangunan beberapa mushola. Program terbaru yang sedang berjalan adalah program zakat produktif pemberdayaan umat melalui pemberian stimulasi dana kepada para mustahik di desa Wirun kecamatan Kutoarjo.

Dalam program tahun keduanya Lazismu Kutoarjo berencana mempunyai mobil umat yang digunakan untuk operasional lazismu, antar jemput da’i, media dakwah atau syiar islam, siaga bencana alam dan keperluan umat lainnya. Dalam kajian ini narasumber H. Muslim ketua PDM kab. Kendal mampu memotivasi para peserta kajian untuk berzakat dan berinfaq. Beliau menyampaikan bahwa membayar zakat adalah termasuk menegakkan islam karena zakat adalah rukun Islam dan menghitung zakat itu mudah namun mengeluarkannya yang susah. Pada akhir acara berhasil terkumpul wakaf tunai sebesar 24 juta rupiah untuk program gerakan wakaf mobil umat. (Siska Desy)

Tambah Komentar

Klik disini untuk memberikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *