Ibadah Tanya Jawab Agama

Fatwa Tarjih: Tata Cara Shalat Tahajud Nabi Seperti Apa?

salay jamaah

Pertanyaan dari:

Isya Anshari, Jl. Kebun Karet “Pondok Rawa Indah” No. 67 Banjar Baru – Kalsel

(disidangkan pada hari Jum’at, 23 Rabi’ul Awwal 1430 H / 20 Maret 2009 M)

 

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Saya ingin mengetahui tata cara shalat tahajud yang benar, atau sesuai dengan apa yang dilaksanakan oleh Nabi Muhammad SAW.

Demikian pertanyaan saya. Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Jawaban:

 

Pertanyaan saudara mengenai tata cara shalat tahajud ini sudah dijelaskan dalam Himpunan Putusan Tarjih, halaman 341-355, dan sebenarnya juga sudah pernah ditanyakan kepada kami dan jawabannya dapat dilihat dalam buku Tanya Jawab Agama Jilid 3, halaman 107-115 dan halaman 124-126 serta di rubrik Tanya Jawab Agama Majalah Suara Muhammadiyah No. 22 tahun ke- 91/ 2006.

Khusus mengenai tata cara shalat tahajud, Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah juga sudah menerbitkan buku Tuntunan Ramadhan, yang diterbitkan oleh Suara Muhammadiyah. Pada dasarnya shalat tahajud, shalat witir, qiyamu Ramadhan, dan qiyamu lail adalah sama, yaitu sebelas rakaat (Berdasarkan HR. al-Bukhari dari ‘Aisyah).

Baca Selanjutnya >>>

1 Komentar

Klik disini untuk memberikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Saya orang Muhammadiyah, tp dulu ketika belajar baca doa iftitah bacaanya berbeda, yang saya baca adalah “Subhana dzil mulki wal malakuti wal’izzati wal jabaruut wal kibriya’i wal adhamah”
    Apa di muhammadiyah juga sebagian ada yang diajarkan membaca doa seperti itu?