obrolan_cendekia
ponpes_dea_malela_sumbawa
Berita

Wapres JK: Pendidikan itu yang Penting Mutunya, Bukan Gedungnya

SUMBAWA.suaramuhammadiyah.id– Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan bahwa dalam bidang pendidikan, kualitas mutu pendidikan merupakan yang utama. Adapun terkait dengan aspek fisik bangunan, bukanlah hal penting yang menentukan hasil dari proses pendidikan. Termasuk aspek lokasi bangunan gedung pendidikan tidaklah menjadi penghalang.

“Pendidikan bukan gedungnya yang penting tapi mutunya,” kata Wapres Kalla pada acara peletakan batu pertama pembangunan gedung tempat tinggal guru Pesantren Modern Internasional Dea Malela di Sumbawa, NTB, Rabu (20/7). Pondok Pesantren yang berlokasi di Pamangong, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, ini berada di bawah Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Dea Malela yang diketuai oleh Prof Din Syamsuddin.

Untuk menggambarkan pentingnya kualitas pendidikan, Wapres mencontohkan seperti restoran, jika menu yang disajikan tidak enak meski lokasinya strategis, orang tidak akan datang. Namun jika rumah makan tersebut menyediakan makanan yang enak dengan pelayanan yang bagus, maka orang akan datang berbondong-bondong, meskipun lokasinya tidak strategis.

Baca: Wapres JK Resmikan Pesantren Din Syamsuddin

Pernyataan itu diungkapkan Wapres Jusuf Kalla ketika mengomentari lokasi Pondok Pesantren Dea Malela yang berada di daerah perbukitan terpencil yang jauh dari pemukiman warga, berjarak sekitar 35 km dari pusat kota Sumbawa Besar. Menurut JK, Pondok Pesantren Modern Gontor, juga berada di daerah yang kurang strategis, namun karena kualitasnya, Gontor sangat diminati hingga hari ini.

Tambah Komentar

Klik disini untuk memberikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *