obrolan_cendekia
ahnad subadar
Berita

KH Mas Ahmad Subadar, Kyai Karismatik dari Pasuruan Meninggal Dunia

PASURUAN, suaramuhammadiyah.id,- Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Kabar duka dari keluarga besar Nahdatul Ulama (NU) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). KH Mas Ahmad Subadar Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatul Ulum, Besuk, Pasuruan, Jawa Timur  meninggal dunia,

KH Mas Ahmad Subadar meninggal Sabtu pukul  19.41 WIB di rumah duka  Desa Besuk Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruam. Sebelumnya, almarhum sempat dirawat di Rumah Sakit Darmo Surabaya dan Sabtu Sore dibawa pulang dari Rumah Sakit.

KH Mas Ahnad  Subadar adalah salah seorang Rais Syuriah Pengurus  Besar (PB) NU.  Ia juga Wakil Ketua Majelis Syariah Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PPP.  KH. Mas  Ahmad Subadar merupakan sosok kyai kharismatik yang sangat dikenal di kalangan jam’iyyah Nadliyin. Beliau sering ditunjuk sebagai juru bicara dalam forum besar para kyai.

KH Mas Ahmad Subadar  lahir pada 1942 di sebuah desa Besuk, Kejayan, Pasuruan dari pasangan KH Subadar dan Hj. Maimunah. Pada usia 3 bulan (1942), ia telah yatim karena ditinggal wafat ayahanda, KH Subadar. Selanjutnya diasuh oleh ibundanya Hj Maimunah secara mandiri dan berguru di beberapa pesantren sebelum mengasuh Pondok Pesantren Raudlatul Ulum  (le).