UMM Tradisikan Silaturahim dengan Orang Tua Mahasiswa Baru

MALANG, suaramuhammadiyah.id–Tradisi baik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) untuk menjalin silaturrahim dengan orang tua mahasiswa baru (maba) kembali diadakan sebelum maba memulai kuliah pada 13 September mendatang. Ahad (4/9), sekitar 2000 wali maba hadir dalam Silaturrahim Orangtua Wali Maba di hall dome UMM. Mereka adalah wali maba yang diterima melalui jalur reguler gelombang III.

Pertemuan ini dihadiri oleh Rektor UMM, Fauzan, didampingi Wakil Rektor I, II, dan III serta dekan dari 10 fakultas. Dalam sambutannya, Fauzan mengucapkan selamat pada wali maba yang putra-putrinya resmi diterima menjadi mahasiswa UMM. Pasalnya, dari kisaran 24 ribu pendaftar, hanya 6812 termasuk 188 mahasiswa asing dari 18 negara yang lolos serangkaian seleksi menjadi maba UMM.

Rektor UMM, Fauzan MPd menekankan pentingnya komunikasi yang baik antara orangtua dengan mahasiswa agar segala informasi yang diterima orangtua adalah informasi yang seimbang dan tidak sepihak. Hal ini berdasar pada banyaknya kasus terkait laporan orangtua kepada dosen yang ternyata tidak valid dengan keadaan yang sebenarnya.

“Ibu Bapak usahakan untuk selalu melakukan crosscheck terhadap aktivitas putra-putrinya. Bila perlu, ibu memiliki jadwal kuliah dan nomor kontak dekannya, sehingga komunikasi dapat terus terjalin,” kata Fauzan.

Prof Dr Syamsul Arifin MSi yang membidangi akademik dalam paparannya memberikan penjelasan terkait keunggulan Pesmaba dan Program Pembentukan Kepribadian dan Kepemimpinan (P2KK) yang diwajibkan bagi maba UMM.

“Pesmaba dan P2KK adalah 2 tonggak utama pendidikan karakter mahasiswa. Di sini, mahasiswa akan digembleng untuk menjadi mahasiswa yang berkepribadian, memiliki jiwa kepemimpinan, dan sisi religiusitas yang tinggi,” paparnya.

Hal ini menjawab angan-angan orangtua tentang pentingnya keselarasan informasi yang diberikan pada orangtua dan mahasiswa.

“Kalau kami (ortu) diberikan informasi dan pengarahan seperti ini oleh pihak rektorat dan dekanat, kami juga berharap putra-putri kami menerima bimbingan yang sama,” ungkap salah satu orangtua maba.

Tak hanya itu, Wakil Rektor III, Dr Sidik Sunaryo SH MSi MHum yang membawahi bidang kemahasiswaan mengungkapkan siap mewadahi segala bentuk kegiatan mahasiswa.

“Kegiatan di luar urusan akademik juga bisa menjadi media yang sangat bagus untuk pendalaman karakter mahasiswa. Bisa melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) atau unit-unit di fakultas. Kami sediakan semua di UMM, silahkan mahasiswa berkreasi di sini, berprestasi di sini,” ujar Sidik.

Bentuk nyata dari apresiasi terhadap prestasi mahasiswa ini diwujudkan dengan pemberian beasiswa oleh Bank Negara Indonesia (BNI) yang menjadi bank mitra UMM. Tak tanggung-tanggung, besaran beasiswa yang diberikan BNI pada UMM sebesar Rp 248.100.000,-. (Humas UMM)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here