24.7 C
Yogyakarta
Senin, September 28, 2020

DANA PDNA Purworejo Perkuat Ideologi dan Kecendekiaan Perempuan Muda

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

Mataf UMY, Haedar Nashir: Jadilah Cendekiawan Berintegritas

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar kegiatan Masa Ta’aruf (Mataf) sebagai agenda yang wajib diikuti oleh para mahasiswa baru...

‘Aisyiyah Bangunjiwo Barat Gelar Cek Kesehatan Gratis

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Bangunjiwo Barat pada Ahad, 27 September 2020 membersamai ibu-ibu Pimpinan Ranting 'Aisyiyah (PRA)...

Pengkajian PDM Solok Bangkitkan Ghirah Bermuhammadiyah

SOLOK, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Solok melakukan pengkajian Muhammadiyah bagi PCM/PCA, organisasi otonom dan Amal Usaha, di MtsM Muhammadiyah,...

Lindungi Guru dari Covid-19, LLHPB ‘Aisyiyah Riau Bagikan 80 Paket APD

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah - Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) pimpinan wilayah 'Aisyiyah (PWA) Riau pada Jumat (25/9/2020) pagi membagikan Alat...

Banjir Bandang Sukabumi, Muhammadiyah Bantu Warga berbasis Prokes

SUKABUMI, Suara Muhammadiyah– Satu pekan pasca banjir bandang yang menerjang Sukabumi, Muhammadiyah tetap taati aturan protokol kesehatan dalam memberikan bantuan pelayanan bagi...
- Advertisement -

PURWOREJO, suaramuhammadiyah.id Bertempat di Komplek Perguruan Muhammadiyah Bayan, Pimpinan Daerah Nasyiatul `Aisyiyah (PDNA) Kabupaten Purworejo menyelenggarakan Darul Arqam Nasyiatul `Aisyiyah 1 (DANA 1), Ahad (18/09).

Acara  yang mengangkat tema “Penguatan Ideologi dan Kecendekiaan Kader Perempuan Muda Berkemajuan” itu diikuti oleh peserta yang berasal dari PCNA se-Purworejo, guru/karyawan delegasi PAUD/TK/TPA `Aisyiyah, dosen UMP, santriwati Pesantren Mahasiswa Al Khudlorie UMP, serta putri dari pengurus Muhammadiyah dan `Aisyiyah. Dengan criteria usia antara 17-40 tahun sesuai dengan batas usia dalam kepemimpinan Nasyiatul `Aisyiyah itu sendiri.

“DANA merupakan salah satu bentuk perkaderan formal yang dimiliki oleh Nasyiatul `Aisyiyah. Harapannya dapat terbentuk kader Nasyiatul `Aisyiyah yang mampu menggerakkan organisasi, mengamalkan ajaran Islam dalam rangka mencapai tujuan organisasi yang senantiasa memiliki ketertarikan pada pencerahan dan pemberdayaan perempuan menuju terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya,” ungkap Nur Ngazizah MPd Ketua PD Nasyiatul `Aisyiyah kab. Purworejo.

Pelaksanaan perkaderan ini ditangani langsung oleh Bidang Kader PDNA Purworejo yang diketuai oleh Menik Widiyati MPd yang juga bertindak sebagai Master of Training, yang memimpin keseluruhan DANA yang berlangsung dua hari (17-18/9). Dalam laporan panitia yang diketuai oleh Asriyani SPd dinyatakan bahwa agenda ini diikuti oleh 25 peserta,  yang diharapkan dapat menjadi pelopor, pelangsung, dan penyempurna amanah kepemimpinan baik di persyarikatan, uamat dan bangsa bersama organisasi otonom lainnya.

“Proses perkaderan dengan salah satu proses penguatan merupakan proses sangat penting bagi keberlangsungan organisasi ke depan. Melalui Majelis Pendidikan Kader harapannya proses ini dapat sinergi antara semua lini persyarikatan” ucap Drs Pujiono Ketua PDM Purworejo dalam  sambutan pembukaan.

Materi yang disampaikan yaitu Islam Berkemajuan oleh Ahmad Darusman Sekretaris PD Muhammadiyah Kab.Purworejo, Pengantar organisasi Perempuan Muda Berkemajuan oleh Emy Widayati Ketua PD NA Kab. Kebumen, Kepribadian Nasyiatul Aisyiyah oleh Nur Ngazizah Ketua PD NA Kab. Purworejo, Psikologi Remaja oleh Wanodya Kusumastuti dosen Psikologi UM Purworejo.

Dalam salah satu materi dibedah makna Mars Nasyiatul `Aisyiyah yang oleh sebagai kader NA harus senantiasa terdidik tiap hari, gemar bekerja. Di balik mars tersebut mempunyai makna yang luas. Sehingga harapannya dapat menjadi motivasi atau spirit bagi kader. Dikupas pula tentang 10 komitmen kader Nasyiatul `Aisyiyah yang harus dipegang erat-erat.

“Ke depan harapannya pengurus Pimpinan baik di Muhammadiyah maupun Aisyiyah dapat mengkader terkhusus putri-putrinya agar turut berjuang bersama dalam persyarikatan ini melalui Nasyiatul `Aisyiyah. Karena mereka lah yang diharapkan dapat meneruskan estafet perjuangan yang telah diperjuangkan oleh pimpinan sekarang,” ujar Nur Ngazizah.

 

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

More articles