Lepas 19 Ulama Muhammadiyah, Sumbar Pertegas Sebagai Gudang Ulama

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

Langkah Strategis MCCC Kalsel, Bantu Masyarakat hingga Tenaga Medis

BANJARMASIN, Suara Muhammadiyah - Muhammadiyah Covid-19 Comand Center (MCCC) Kalimantan Selatan telah jalankan beberapa program di beberapa daerah di Kalimantan Selatan, sejak...

Jenazah Covid-19 Harus Diterima dan Diperlakukan dengan Baik

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pasien yang meninggal akibat Covid-19 harus diperlakukan dengan penghormatan yang baik. Menurut Putusan Tarjih Pimpinan Pusat Muhammadiyah, pasien Covid-19 yang...

Menumbuhkan Semangat Berbagi di Tengah Wabah

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka membantu masyarakat yang terdampak virus Corona, Suara Muhammadiyah menyelenggarakan kegiatan berbagi sembako. Kegiatan ini ditunjukkan...

Bantu Pemerintah, Muhammadiyah Pinrang Bentuk Tim MCCC

PINRANG, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Pinrang membentuk tim Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC). Tim tersebut dibentuk dalam rangka...

Ikhtiar 35 Rumah Sakit Muhammadiyah – ‘Aisyiyah Rawat Pasien Covid-19

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Setelah hampir satu bulan melaksanakan tugas penunjukan Rumah Sakit Muhammadiyah dan Aisyiyah (RSMA) tempat perawatan pasien Covid-19, secara...
- Advertisement -

PADANG, Suara Muhammadiyah -Pusat Pengkaderan Ulama Muhammadiyah (PPUM) berkerjasama dengan Pengurus Masjid Taqwa Muhammadiyah Sumbar menggelar acara pelepasan kader ulama Muhammadiyah di Aula lantai I Masjid Taqwa Muhammadiyah Sumbar, Sabtu (1/10).

19 kader ulama yang dilepas itu merupakan utusan PC Muhammadiyah se-Kota Padang yang telah  menerima pendidikan pengekadrean ulama selama 1 tahun secara gratis. Pendidikan itu sendiri berlangsung dari 7 Maret 2015 hingga 7 Maret 2016.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan prosesi pengembalian 19 lulusan PKUm kepada PD Muhammadiyah Padang. Mereka sekaligus akan menjadi ulama Muhammadiyah di Sumatera Barat. Ketua PWM Sumbar Dukung Konferensi Ulama se-Dunia di Padang Ketua PW Muhammadiyah Sumbar, Dr H Shofwan Karim MA menyampaikan pentingnya  upaya mencetak ulama saat ini karena tantangan kian massive mulai dari ancaman aqidah, bencana akhlaq dan maksiat yang kian merajalela. Selain itu, pengkaderan ulama ini merupakan upaya megembalikan kejayaan masa lalu Sumbar sebagai industri otak.

Untuk diketahui Sumbar sejak dulu populer sebagai daerah gudangnya para ulama dan pencetak tokoh nasional. “PKUM ini penting sebagai usaha melanjutkan risalah perjuangan KH Ahmad Dahlan untuk terus berdakwah amal makruf nahi mungkar dan upaya mengatasi tantangan yang kian maasive sekarang ini,” kata Shofwan ketika melepas 19 Kader ulama Sumbar tersebut.

Shofwan berharap kader ulama segera membentuk untuk wadah forum alumni PKUM dan paling penting kader ulama bisa hadir ditengah-tengah dan dapat mengatasi seluruh umat. Selain itu Shofwan karim menyambut baik ide kerjasama antara PPUM dan UMSB dalam melakukan pembinaan kepada kader ulama angkatan kedua.

Badan Wakaf Uang Muhammadiayah Sumbar Berikan Layanan Kesehatan Gratis untuk Semua

Katanya, memang tidak ada indikator seorang ulama namun setidaknya dengan diajarkannya disiplin ilmu agama kepada kader ulama ini di PPUM sehingga didapat ulama yang hebat, berbudi luhur dan profesional.

“Saya sampaikan selamat kepada lulusan kader ulama Muhammadiyah, semoga terus dapat memberikan pencerahan kepada umat dan bangsa,” pungkasnya.

Nasyiatul Aisyiyah Sumbar Tebar Manfaat di Sungai Nyalo Pessel

Ketua PPUM Drs H Dasril Ilyas mengatakan Pendidikan kader ulama Muhammadiyah akan kita terus dikembangkan supaya menjadi lebih baik dan profesional. Kedepan kita akan melakukan MoU dengan Fakultas Agama Islam UMSB dalam upaya pembinaan kader ulama sehingga seluruh lulusan terakreditasi. “Peserta PKUM angkatan kedua akan melibatkan perwakilan PD Muhammadiyah se-Sumbar,” ujarnya.

Selain pengurus PPUM, acara pepasan ini juga dihadiri Ketua PW Muhammadiyah Sumbar Shofwan karim, Sekretaris PW Muhamamdiyah Sumbar Drs Adrian Muis Ch Saripado, Ketua PD Muhammadiyah Padang Maigus Nasir, Ketua Pengurus Masjid Taqwa Muhammadiyah Abdurrahman Chan, Kadispora Sumbar Priyadi Syukur, Kabag kesra Padang Fitri Abu Hasan, kemenag Kota Padang Japeri Jarap, Dosen PPUM dan warga Muhammadiyah Sumbar (RI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

More articles