Dinamika persyarikatan

Cabang dan Ranting Adalah Duta Persyarikatan dalam Membela Kepentingan Umat

20161212_092452

MEDAN, Suara Muhammadiyah- Salah satu tugas penting kader Muhammadiyah adalah, melakukan penataan dakwah dan perjuangan di tingkat akar rumput melalui pengembangan Cabang dan Ranting.

Hal itu diungkapkan oleh Dr Anang didampingi Sekretaris LPCR Partaonan Harahap, MT dalam Pelatihan Kader Pengembangan Cabang dan Ranting  (KPCR) di Aula SMP Muhammadiyah 7 Cabang Sidorame Barat Jalan Pelita II Medan Perjuangan Medan Senin, (12/12).

Menurutnya, bukan hanya karena makin kompleksnya perkembangan masyarakat yang menuntut berbagai penyesuaian. Namun juga banyaknya bermunculan organisasi baru berlebel Islam. “Sehingga hal tersebut mengharuskan Muhammadiyah meningkatkan strategi dakwah dan perjuangannya untuk umat islam yang berkemajuan,” lanjutnya.

Partaonan Harahap menjelaskan, kegiatan itu diikuti 60 peserta, terdiri dari unsur PC Muhammadiyah Se-Kota Medan dan Perwakilan dari PD Aisyiyah Kota Medan.

Diharapkannya, peserta mampu mengaplikasikan semangat Muhammadiyah sebagai gerakan sosial dalam aktivitas organisasi hingga ke tingkat akar rumput.

“Secara kualitas, meskipun jika dibanding dengan beberapa ormas Islam yang lain Muhammadiyah jauh lebih unggul, kita harus terus berbenah sehingga mampu mewujudkan harapan warga Muhammadiyah,”  ucapnya.

Disebutkan, secara hirarki keorganisasian, Cabang dan Ranting adalah level organisasi di tatanan yang paling bawah. Sehingga, sering juga dilihat dari logika garis wewenang di mana pimpinan Cabang dan Ranting adalah pihak yang menunggu dan menjalankan perintah pimpinan yang di atasnya. Padahal sebenarnya Cabang dan Ranting justru memainkan perannya dalam memimpin anggota dalam persyarikatan Muhammadiyah. Karena  Cabang dan Ranting  merupakan ujung tombak dalam rekrutmen anggota dan kaderisasi.

Paratonan pun menegaskan bahwa Pimpinan Cabang dan Ranting harus mampu menjalankan dakwah, meningkatkan ukhuwah dengan Anggota dan organisasi Islam yang lain.

“Makanya pimpinan cabang dan ranting juga sebagai duta persyarikatan di masyarakat dan membela kepentingan ummat,” tambah Paratonan Harahap (HP).