psikologi
Motivasi

Grogi Saat Tampil, Bagaimana Mengatasinya?

Mbak Psikolog, Saya mau tanya. Ini adalah masalah saya yang sangat mengganggu saya. Begini mbak, saya suka grogi kalau mau maju tampil di depan umum. Apakah ini kelainan ya mbak? Dan apa yang harus saya lakukan agar saya dapat tampil lebih baik? Karena selama ini, persiapan saya dari malam dengan belajar sering menjadi tidak berguna hanya karena saya grogi. Demikian semoga jawaban mbak dapat membantu saya mengatasi masalah saya ini. Terima kasih.

Mr X, somewhere

Jawab:

Yang Anda alami ini dalam istilah psikologi dinamakan cemas. Cemas itu sebenarnya perasaan yang wajar, dan setiap orang mengalami itu. Hanya saja, kalau kita mampu menguasai cemas, maka cemas ini akan jadi keuntungan buat kita karena dapat memacu energi untuk menampilkan sesuatu yang lebih. Misal kita ingin membuat orang lain terkesan, rasa cemas tersebut akhirnya menyemangati kita untuk mencari cara bagaimana, supaya orang lain terkesan pada penampilan atau presentasi kita. Dengan itu, otak berpikir kreatif dalam waktu singkat.

Dan bila kita tidak mampu menguasai cemas, dapat merugikan diri kita karena kita menjadi terlalu terfokus pada perasaan cemas kita sendiri. Misal, saat maju presentasi dan kita grogi, kita terfokus pada perasaan bahwa kita malu ditertawakan, malu saat orang lain melihat kecanggungan kita, malu bila salah, dan lain-lain. Padahal itu smeua belum tentu kita lakukan.

Tips yangg bisa dilakukan untuk membantu mengurangi cemas adalah, coba perhatikan bahasa tubuh kita saat mengalami cemas ini. Apakah kita merasa detak jantung kita berdetak sangat cepat dari biasanya, sampai keringat dingin? Atau sampai tremor? Coba yakinkan dulu diri sendiri, bicaralah kepada diri anda sendiri bahwa anda mampu dan pasti bisa. Lalu cobalah minum air putih sembari tarik nafas panjang lewat hidung, tahan sebentar, dan hembuskan lewat mulut. Saat pikiran tenang maka perilaku yang kita tampilkan juga lebih terarah, berpikir jadi lebih jernih. Jangan lupa berdoa untuk kesuksesan penampilan Anda. Persiapan sebelumnya juga dapat membantu anda untuk merasa jauh lebih baik karena anda menguasai bahan yang akan dipresentasikan. Salam sehat jiwa, semoga tips sederhana ini dapat membantu.

Ratna Yunita Setiyani S, S.Psi., M.Psi., Psikolog (Kaprodi Psikologi UNISA Yogyakarta)

—————————————————-

Untuk pertanyaan terkait Psikologi, kirimkan ke email ratnayss@gmail.com

Tambah Komentar

Klik disini untuk memberikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *