Tim Robot UAD "Lanage Jagad" memamerkan aksi robot Wall Climbing pada Jumpa Pers (11/1)
Tim Robot UAD "Lanage Jagad" memamerkan aksi robot Wall Climbing pada Jumpa Pers (11/1)
Berita

UAD Raih Juara 3 Kontes Robot Hurocup FIRA Beijing

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah—  Tim Robot Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta meraih juara 3 pada kontes robot internasional Hurocup FIRA Beijing baru-baru ini. Tim yang bernama ‘Lanage Jagad’ dari prodi Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri UAD itu sukses membawa pulang medali perunggu melalui kategori Wall Climbing.

‘Lanage Jagad’ terdiri dari 5 mahasiswa, yaitu Umar Abdul Maajid, Alfath Jumarianto, Nanda Cahya Pangersa, Anggit Pamungkas, dan Ahmad Sopi Samosir, serta 2 dosen pembimbing Abdul Fadli dan Nuryono Setya Widodo. Tim yang mewakili UAD ini mengikuti beberapa kategori lomba pada kontes bergengsi itu. Diantaranya United Soccer, Weight Lifting, Wall Climbing, Spint, Marathon, Lift and Carry, dan Long Jump.

Menurut Alfath Jumarianto Ketua Tim, untuk mengikuti kontes dengan berbagai kategori itu, tim telah menyiapkan diri selama tiga bulan lamanya. “Kami sudah mempelajari buku panduan yang diberikan panitia, tapi sampai di sana ada beberapa yang berubah, kami pun harus merubah beberapa settingan robot kami,” keluhnya saat Jumpa Pers (11/1).

“Tapi kami tetap bersyukur, deng beberapa perubahan itu kami tetap bisa menorehkan prestasi dan mendapat juara,” imbuh Alfath.

Sementara itu, Nuryono Setya Widodo dosen pembimbing ‘Lanage Jagad’ di forum yang sama menyampaikan, bahwa apa yang dicapai tim robot UAD tahun ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Namun demikian Nuryono juga mengatakan, perlu penambahan guru pembimbing dalam tim tersebut.

Prestasi lain juga ditorehkan tim robot UAD pada tahun ini. Salah satunya meraih predikat Best Design pada lomba robot terbang pemadam kebakaran di Lampung belum lama ini (gsh).

Tambah Komentar

Klik disini untuk memberikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *