Tingkatkan Kualitas, UM Magelang Adakan Workshop Pejabat Struktural

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah- Adanya persaingan yang begitu ketat dan dinamis dalam ranah pendidikan tinggi menjadikan perlunya peguruan tinggi untuk mengembangkan diri serta meningkatkan kualitas. Sebagai upaya untuk mengantisipasi persaingan antar perguruan tinggi tersebut, Universitas Muhammadiyah Magelang (UM Magelang) menggelar workshop yang diikuti oleh sebanyak 110 pejabat struktural di lingkungan UM Magelang.

Worksop Pejabat Struktural bertajuk “Peningkatan Kapasitas Organisasi dan Sumber Daya Berbasis Al Islam dan Kemuhammadiyahan” ini diadakan selama dua hari pada Jumat-Sabtu (17-18/2) di Hotel Universitas Yogyakarta. Tampil sebagai narasumber di antaranya Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haeedar Nashir, Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Lincolin Arsyad, Wakil Sekretaris Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Wakil Rektor 2 UAD Yogyakarta M. Syafar Nashir, Rektor UMY Gunawan Budiyanto, serta Rektor Unimus Masrukhi.

Rektor UM Magelang, Eko Muh Widodo mengungkapkan mengenai 3 hal yang menjadi dasar perlunya menyelenggarakan kegiatan ini. Pertama, sebagai langkah mengantisipasi persaingan antar perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Kedua, untuk mengkonsolidasikan sumber daya yang ada di UM Magelang terkait kinerja organisasi dan tata kelola UM Magelang. Ketiga, untuk meningkatkan kinerja organisasi yang merupakan bagian dari kerangka untuk mengembangkan sumber daya yang insani.

“Pejabat struktural tersebut selain Pimpinan Universitas, Pimpinan Fakultas, juga para pejabat di tingkat unit. Mereka terdiri dari unsur dosen dan tenaga kependidikan yang dinilai memiliki kapasitas untuk melakukan tugas sesuai jobdesk-nya,” imbuhnya.

Eko berharap, dengan adanya kegiatan ini para peserta mendapat pencerahan serta mampu meningkatkan kinerja sehingga membuahkan hasil yang optimal bagi kemajuan UM Magelang.

“Harapannya seluruh sumber daya yang ada khususnya sumber daya manusia mampu menjalankan tugas pokok masing-masing dalam organisasi, bisa mengetahui wewenang dan tanggung jawab, serta dapat mencapai visi misi yang diharapkan UM Magelang yaitu sebagai universitas yang unggul dan islami,” tandasnya (Yusri).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here