img_9074-kompres
Dinamika persyarikatan

Sepekan Santuni Dhuafa dan Lansia, Ini Sasaran Lazismu Sragen

SRAGEN, Suara Muhammadiyah-Lazismu Sragen kembali memberikan santunan bagi kaum dhuafa dan lansia dalam sepekan terakhir. Dimulai Senin (13/3), sasaran santunan dhuafa pertama Lazismu Sragen adalah warga di Desa Jagan, Karang Malang Sragen.

Pemberian santunan kepada sasaran pertama Lazismu Sragen dalam sepekan ini bekerjasama dengan Pengurus Cabang Aisyiah Karang Malang Kamis (13/3). Kegiatan yang dilakukan oleh PC Aisyiah tersebut rutin dilakukan sebulan sekali yang dirangkaikan dengan pengajian, pembagian beras bagi kaum dhuafa oleh Lazismu Sragen dan pemeriksaan gratis bagi lansia yang bekerja sama dengan RS Sarila Husada.

img_9074-kompres-jpg2
Warga Desa Jagan, Karang Malang Sragen

Yuni selaku anggota PCA menuturkan bahwa bantuan beras ditujukan bagi warga yang aktif mengikuti pengajian tetapi telah lanjut usia, kurang mampu dan tidak memiliki dana pensiun. Yuni mengaku bantuan dari Lazismu tersebut sangat meringankan beban perekonomian warga yang kurang mampu di desa tersebut. “Alhamdulillah saya mewakili teman yang lain merasa sangat bersyukur dan berterima kasih mendapat bantuan dari Lazismu, semoga ini menjadi berkah,” ujar Sukini salah satu penerima bantuan beras dari Lazismu.

Sasaran kedua Lazismu Sragen adalah Mbah Kasinah (95) yang hidupnya sebatang kara di Dukuh Mekar Sari, Sragen. Rumah yang ditinggalinya pun adalah lahan milik orang lain. Kebutuhan sehari-harinya terpenuhi dari bantuan Sri Suarti (61) yang merupakan salah satu tetangga Mbah Kasinah. Suami beserta kedua anak mbah Kasinah telah meninggal dunia sehingga Lazismu Sragen memberikan bantuan berupa beras dan uang santunan sebagai bentuk kepedulian terhadap kehidupan Mbah Kasinah.

rabu
Mbah Kasinah (95)

Saat para staf Lazismu memberikan santunan kepada Mbah Kasinah rabu (15/3) siang, dengan penuh haru yang tergambar dari wajahnya ia menerima dengan rasa syukur bantuan yang ia terima dari Lazismu.

“Hanya Allah yang bisa balas kebaikan kalian, semoga ini menjadi berkah buat saya dan kalian,” ujar Mbah Kasinah sesaat setelah diberi santunan.

Sasaran ketiga Lazismu Sragen adalah sejumlah dhuafa dan lansia di berbagai wilayah Sragen, berupa santunan simbah sepuh (Simpuh) yang dilakukan dari tanggal 15 hingga 16 Maret 2017.

kamis2

kamis

Bantuan yang diberikan pun berupa santunan yang tunai dan beras. Salah satu anggota Lazismu Sragen mengharapkan bantuan yang diberikan oleh Lazismu Sragen memberikan manfaat dan meringankan perekonomian bagi mbah yang mendapatkan bantuan.

Pada Jumat, (17/3) Lazismu Sragen mendatangi sasaran santunan keempat dengan kembali mengadakan santunan anak yatim dari Kecamatan Tangen di wilayah Sragen bersama RM Pakuan. Satu-persatu anak-anak tersebut turun dari bus dengan wajah yang penuh ceria. Sebanyak 20 anak yatim dari kecamatan Tangen yang kali ini mendapat giliran menghadiri santunan yang diadakan 2 kali tiap bulan oleh lazismu. Santunan berupa paket perlengkapan sekolah dan uang saku di berikan pada setiap anak yatim yang datang.

jumat

“Ahamdulillah acara santunan berjalan dengan lancar. Kami mengucapkan terima kasih untuk para donator yang sudah mempercayakan Lazismu sebagai penyalur zakat, infak dan sedekah,” tutur anggota Lazismu Sragen.

Rehan salah satu anak yang mengikuti santunan anak yatim ini pun mengungkapkan rasa bahagianya. “Senang sekali bisa ikut acara makan-makan ini, apalagi mendengar dongeng Kak Ronny,” ujar  ().