obrolan_cendekia
1
Berita

Aisyiyah Purbalingga Berikan Pelayanan KB MOW Gratis

PURBALINGGA, Suara Muhammadiyah-Dalam rangka memperingati Hari Kartini dan bakti sosial Aisiyah Kabupaten Purbalingga, Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Purbalingga melakukan pelayanan KB MOW gratis, yang bekerjasama dengan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bobotsari dan Aisiyah Purbalingga.

Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Bencana Kabupaten Purbalingga bekerja sama dengan Aisyiyah dan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Purbalingga juga melaksanakan kegiatan pemasangan metode medis operasi wanita atau mow secara gratis dalam rangka milad Aisiyah ke-103 dan milad Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Purbalingga ke-13. Kegiatan dilaksanakan di rumahsakit PKU Muhammadiyah bobotsari purbalingga mulai hari kamis hingga jumat (27 – 28 April 2017). Pemasangan alat KB gratis ini melibatkan dokter dari Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Dinsos Dalduk Kabupaten Purbalingga, Wahyu Ekonanto mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk menekan angga kelahiran dan menurunkan angka kematian ibu dan anak yang ada di kabupaten purbalingga.

“Kami secara bersama-sama, se-eyeg, se-ekoproyo, bersama-sama melaksanakan geiatan ini yang alhamdulilah sudah 51 peserta dan yang sudah mendaftar ada 125 peserta,” jelasnya.

Ketua Majelis Aisyiyah Purbalingga mengungkapkan bahwa warga yang mengikuti, sangat antusias dalam program tersebut. Sedikitnya ada 125 warga yang ikutserta dalam program ini. Mereka berasal dari berbagai daerah yang ada di Kabupaten Purbalingga.

“Ini kami dari Majelis Kesehatan Aisyiyah Purbalingga sudah melaksanakan bakti sosial pada bulan Maret dan April. Kemudian yang sudah kami laksanakan adalah disamping MOW, MOP juga sudah ada empat, dan imlannya sudah ada sekitar 400,” jelasnya.3

Sementara itu dr Eka Stiana Direktur Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bobotsari Purbalingga telah menjalin kerjasama dengan dinas terkait untuk melaksanakan pelayanan KB MOW. “Penyelenggaraan pelayanan kb metode mow ini gratis tanpa dipungut biaya,” tandasnya.

Bentuk yang difasilitasi oleh Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bobotsari Purbalingga yakni tenaga medis, obat – obatan dan petugas administrasi pendaftaran yang siap melayani pasien.

MOW ini memiliki beberapa keuntungan dan kerugian. Secara umum keuntungannya adalah lebih aman, karena keluhan lebih sedikit dibanding dengan alat kontrasepsi lainnya. Lebih praktis, karena hanya memerlukan satu kali tindakan saja. Lebih efektif karena tingkat kegagalannya sangat kecil. (Tegar Roli A)