30.6 C
Yogyakarta
Kamis, Oktober 1, 2020

SD Muhammadiyah 01 Binjai Adakan Pelepasan Siswa

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

Menguji Kualitas Pilkada dengan Protokol Kesehatan, Apakah Cukup?

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Semenjak kasus pertama Covid-19 diumumkan oleh Presiden Joko Widodo pada awal bulan Maret 2020, banyak hal yang sebenarnya...

Berhasil Lampaui Target, LLHPB ‘Aisyiyah Persiapkan Keberlanjutan Program

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Menjelang pengakhiran program “Membangun Kelentingan Keluarga dan Komunitas dalam Menghadapi Masa Pandemi Covid-19”, LLHPB PP Aisyiyah mempersiapkan Exit...

Farmasi UMP Juara Nasional Karya Tulis Ilmiah

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Tim Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) berhasil meraih juarai Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTI) BRM FMIPA...

Upaya UMMAT Gelar Wisuda di Masa Pandemi

MATARAM, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) menggelar wisuda luring (langsung), untuk angkatan 48 dan 49, Diploma dan Strata-1 (S-1). Wisudah...

Ormas Kegamaan Punya Peran Signifikan Menanggulangi Covid-19

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah- Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan Badan Diklat dan Litbang Kemenag RI bekerjasama dengan Al-Wasat...
- Advertisement -

BINJAI, Suara Muhammadiyah-  SD Muhammadiyah 01 Binjai yang terletak di Ranting Kartini menggelar pelepasan siswa kelas VI pada Kamis (11/5). Kegiatan dihadiri oleh Walikota Binjai yang diwakili oleh staff ahli bidang pemerintahan, hukum, dan politk Ikram Helmi Nasution, Kapolsek Binjai Kota, Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Binjai Timur, PCM Binjai, PCM Sambirejo, Sesepuh Muhammadiyah Binjai Zulkarnaen Tala, para wali siswa, dan tamu undangan lainnya.

Kegiatan diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an dan pelepasan siswa ditandai dengan penyerahan sertifikat dan foto bersama orang tua wali siswa.

Dalam sambutannya, Kepala SD Muhammadiyah 01 Binjai Suwardiyamsyah menyampaikan beberapa capaian yang berhasil diperoleh pihaknya setelah 4 tahun dipercaya memimpin sekolah. Di tahun pertama menjabat, pihaknya melepas 8 siswa. Tahun berikutnya, 10 siswa, dan di tahun ke 3, melepas sebanyak 18 siswa. Ia menuturkan bahwa kondisi memprihatinkan pernah dialami oleh SD Muhammadiyah 01 Binjai. Kendati demikian, berkat tangan dingin dan bantuan berbagai pihak, animo masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di SD Muhammadiyah 01 Binjai terus meningkat ditambah dengan capaian berbagai prestasi yang diperoleh dari tingkat kecamatan hingga kota. Beberapa di antaranya yaitu pembacaan puisi, bacaan juz amma, silat, tapak suci, serta karate.

“Berkat kerjasama yang baik dan dukungan semua pihak, sekolah yang tahun lalu masih 2 kelas sekarang menjadi 3 kelas. Padahal 4 tahun lalu dan tahun-tahun sebelumnya tidak dilirik. Keadaannya memprihatinkan, bahkan penerimaan siswa baru tak lebih dari 10 siswa,” jelasnya.

Tak hanya itu, Suwardiyamsyah juga mengungkapkan rasa harunya atas kehadiran sesepuh Muhammadiyah, Zukarnaen Tala beserta istri. “Kehadiran Gaek yang didampingi nenek sebagai isyarat bagaimana kepedulian beliau terhadap dunia pendidikan,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Zulkarnaen Tala turut mengapresiasi langkah yang telah dilakukan kepala sekolah. Ia mengaku bangga atas sepak terjang yang dilakukan kepala sekolah. Oleh karenanya, pihaknya berusaha semampunya untuk membantu.Jpeg

Sementara itu, Ketua PCM Binjai Irfan Amka memaparkan rencana program cabang ke depan berupa pembangunan gedung baru SD Muhammadiyah yang direncanakan 3 lantai. Menurutnya, hal ini merupakan tanggapan atas keinginan masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di SD Muhammadiyah 01 Binjai. “Dari 360an juta yang diperlukan, anggaran yang tersedia sebesar 200 juta. Karena itulah bantuan hadirin sangat diperlukan,” ujarnya.

Mewakili Walikota Binjai, Ikram Helmi Nasution menyambut baik niat Muhammadiyah dalam mendirikan sekolah. Ia berjanji bahwa pihaknya akan menanggapi dengan serius serta mengingatkan pihak sekolah agar berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan.

“Dengan adanya Dr. Zulkarnaen Tala dan keluarga besar Muhammadiyah, insya allah niat baik ini segera dapat diwujudkan,” tambahnya.

Acara pelepasan siswa kali ini juga dikombinasikan dengan tausiyah agama bertepatan dengan Isra Mi’raj dan penyambutan bulan suci Ramadhan yang disampaikan oleh Sofyan Saha. Dalam tausiyahnya, ia menceritakan pengalamannya dalam mendampingi staff khusus Presiden Turki, Erdogan. Sebagai puncak acara, dilaksanakan peletakan batu pertama yang dilakukan oleh Zulkaraen Tala, Perwakilan Walikota Binjai, Kapolsek Binjai, Ketua PCM Binjai, dan Majelis Dikdasmen PCM Binjai.

Reva Putri, mewakili siswa yang dilepas menambahkan, pihaknya mengucapkan terima kasih atas bimbingan yang telah diberikan selama bersekolah di SD Muhammadiyah 01 Binjai. “Apa yang telah diberikan Bapak/ Ibu guru diberikan kepada kami tidaklah dapat dinilai dengan rupiah. Kami hanya bisa mendoakan mudah-mudahan bapak/ Ibu guru senantiasa dalam bimbingan Allah SWT,” tandasnya (Fuad Binjai).

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

More articles