29 C
Yogyakarta
Kamis, Agustus 13, 2020

Supervisi dan Observasi Kelas SMK Muhammadiyah Bobotsari Lengkapi Proses Akreditasi

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

Pengabdian, Dosen Manajemen UMY dan Warga Bausasran Adakan Penghijauan

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sempitnya lahan tidak menyurutkan keinginan warga RW 11 Bausasran Kecamatan Danurejan Kota Yogyakarta untuk menghijaukan wilayahnya.

Asah Kreativitas, PMM UMM Ajari Anak-Anak Seni Kolase

BLITAR, Suara Muhammadiyah - Kelompok Pengabdian Mahasiswa untuk Masyarakat (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang melakukan pengabidan masyarakat dengan mengajari anak-anak membuat kolase. Kegiatan...

Dosen FEB UMY Latih Jamaah Pengajian Membuat Kain Shibori

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Pengabdian masyarakat merupakan salah satu bentuk kewajiban dalam Catur Dharma Perguruan Tinggi. Disamping itu pengabdian masyarakat di era...

Semua Siswa Dapat, SMK Mutu Tegal Bagikan Perdana Plus Kuota untuk PJJ

TEGAL, Suara Muhammadiyah - Bentuk pelayanan selama diberlakukannya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam masa covid 19. SMK MUTU Tegal berikan kartu perdana...

Islam, Alam, dan Tugas Manusia

Alam akan membawa manfaat dan berkah bagi manusia, manakala telah melaksanakan tugasnya terhadap alam, yakni mengembalikan alam ke jalan yang benar. Yakni...
- Advertisement -

PURBALINGGA, Suara Muhammadiyah – Kegiatan Observasi di  Laboratorium Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Laboratorium Akuntansi (AK),  Laboratorium Admistrasi Perkantoran (ADP), kelas, dan sarana prasarana di sekolah serta penilaian guru SMK Muhammadiyah Bobotsari, Purbalingga, Jawa Tengah oleh Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah (BAP S/M) Provinsi Jawa Tengah.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Sugeng Riadi, S.Si mengatakan bahwa Supervisi kelas, adalah kegiatan penilaian guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Kegiatan tersebut dilakukan pada hari Rabu, 17 Mei 2017.

“Dan Supervisi Kelas bertujuan untuk guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas sesuai dengan Standar Pendidikan Nasional, yang sudah tertuang di perangkat pembelajaran guru,” kata Sugeng, Minggu (21/5/2017).

Kemudian Penilaian guru mengajar adalah  merupakan kegiatan evaluasi kinerja guru dalam pembelajaran di kelas dengan tujuan meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas.

Kemudian Observasi di  Laboratorium TKJ, AK, ADP adalah untuk melihat langsung Ruang Pembelajaran Khusus (RPK).

“Adapun tujuan dari Observasi itu untuk mengamati langsung proses pembelajaran praktik di laboratorium (lab) sesuai dengan jadwal pemakaian lab, jurnal lab dan sesuai dengan standar lab,” terang Sugeng Riadi.

Observasi sekolah meliputi perpustakaan, ruang Bimbingan Konseling, ruang PMR, ruang administrasi, ruang kepala sekolah, ruang guru, unit produksi jurusan, kantin, KM/WC dan halaman sekolah.

Selain itu observasi juga dilakukan di ruang Bursa Kerja Khusus (BKK), ruang Bussines Centre dan ruang Kelas.

Ia juga mengatakan, kegiatan supervisi, penilaian guru dan observasi ruang diharapkan bisa meningkatkan layanan  secara penuh kepada seluruh warga SMK Muhammadiyah Bobotsari termasuk siswa, guru dan karywan. (Iswanto/Tegar)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

More articles