obrolan_cendekia
IMG-20170605-WA0015
Dinamika persyarikatan

Safari Ramadhan PDM Binjai

BINJAI, Suara Muhammadiyah-Ramadhan adalah bulan penuh berkah. Bulan pendidikan. Bulan meningkatkan kasih sayang sesama muslim. Momentum ramadhan memfasilitasi semua itu. Tinggal manusianya. Bisakah memanfaatkan itu semua. Seperti tahun yang sudah sudah, momen ramadhan  dimanfaatkan oleh PDM Binjai untuk berbagi informasi sekaligus bershilaturrahim. Tim Safari Ramadhan PDM Binjai dibagi menjadi 2 tim.

Kunjungan pertama ke cabang Sambirejo dan Binjai Timur. Kunjungan ke dua ke cabang Binjai dan Binjai Utara. Safari Ramadhan PDM Binjai ke PCM Binjai Utara dipusatkan di ranting Muhammadiyah Jati Utomo. Kelihatan hadir dari PDM Binjai, As Adinata didampingi Syaiful Bahri, Anis siregar MPd dan beberapa anggota majelis daerah yang tergabung dalam tim I. Sementara itu dari PCM Binjai Utara selaku tuan rumah, kelihatan Juriadi MAg sebagai ketua didampingi sekretaris Denny Boy, Buhari Amran, Sunarto, Teguh Maliki Ramadhan dan pengurus lainnnya, termasuk dari majelis majelis di cabang.

Turut hadir dalam acara yang dipandu langsung oleh Juriadi, PCA Binjai Utara, PC PM Binjai Utara, PC IPM Binjai Utara dan PR Muhammadiyah se Binjai Utara, kecuali PRM Nangka, PRM Pahlawan, Kebun Lada dan PRM tandem hilir II, Tanjung Anom. Diawali dengan pembacaan Alquran oleh Zawil Huda acara dilanjutkan dengan konsolidasi organisasi. As Adinata dalam arahannya menyampaikan perlunya berorganisasi dengan mengikuti peraturan dan ketentuan yang ada. AD ART harus dijadikan pedoman. “Penyampaian segala sesuatunya harus berjenjang. Tidak ada alasan untuk tidak mengikuti apa yang telah diputuskan,” ujarnya.

Sementara Syaiful Bahri dalam kesempatan yang sama mengingatkan kewajiban kewajiban anggota terkait pembangunan gedung dakwah muhammadiyah kota Binjai. “Itu adalah tugas kita bersama,” tekannya.

Dalam sesi diskusi, beberapa hal muncul.  Muzhir dari PRM Jatinegara minta masukan, bagaimana mekanisme untuk mengganti ketua yang tidak aktif karena meninggal. Oleh ketua cabang dijelaskan, langkah-langkah yang perlu dijalankan. Pimpinan ranting yang ada, mengadakan rapat. Menyepakati siapa pengganti almarhum. Jika dipandang perlu, cabang diundang. Hasil pertemuan sampaikan ke cabang supaya dibuatkan SK nya.

Kegiatan yang berlangsung pada malam ke 9 ramadhan itu diakhiri dengan buka bersama dan sholat maghrib berjemaah. Menurut Yuliardi SKM, wakil sekretaris PDM Binjai, malam ke 10 ramadhan adalah kunjungan terakhir tim safari ramadhan PDM Binjai. Kedua tim bergabung dan akan berkunjung ke PCM Binjai selatan dan ditempatkan di ranting Muhammadiyah Binjai estate, blok III, Binjai. (Fuad Binjai)