obrolan_cendekia
WhatsApp Image 2017-06-20 at 15.32.22
Berita

Muhammadiyah Jerman Salurkan Zakat ke Panti Asuhan Bantul

BANTUL, Suara Muhammadiyah- Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Jerman Raya melakukan penyerahan dana zakat fitrah, fidyah, dan zakat maal kepada Panti Asuhan Asy-Syifa’ Muhammadiyah Bantul, Yogyakarta pada Senin (19/6). Sebesar Rp. 14.500.000 dana disalurkan yang mana hasil tersebut sudah hasil konversi dari euro ke rupiah yang disepakati oleh PCIM Jerman Raya. Proses pengumpulan zakat tersebut dikoordinir langsung oleh LazisMu Jerman.

Ketua LazisMu Jerman, Ria Tristya Amalia menuturkan bahwa pihaknya sudah melakukan koordinasi internal tim untuk persiapan segala hal mulai dari penentuan besaran nilai zakat fitrah dan fidyah, persiapan poster, penentuan target mustahiq zakat, sosialisasi pengumpulan zakat, hingga pada akhirnya terkumpul dana tersebut.

“Setelah disepakati internal pengurus, pada tahun 2017 ini, besaran nilai zakat fitrah untuk negara Jerman dan sekitarnya adalah 6 Euro per jiwa dan fidyah adalah 4 Euro per jiwa per hari,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua PCIM Jerman Raya, Ridho Al Hamdi mengatakan bahwa sebelum dilakukan penyerahan, pihaknya melakukan kunjungan ke lokasi lebih dulu untuk menentukan lokasi yang menjadi target penyerahan zakat. Hingga akhirnya diputuskan bahwa panti yang beralamat di Jogodayo, Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul, Yogyakarta menjadi target penyerahan zakat fitrah.

“Peninjauan lokasi dilakukan sekitar di minggu kedua Ramadhan, bertemu pengurus panti, cek lokasi asrama dan bangunan lain hingga mendata jumlah anak yatim dan dhu’afa yang berhak mendapatkan zakat fitrah,” terangnya.

Pada tahun ini, selain ada penerimaan zakat fitrah dan fidyah, LazisMu Jerman juga menerima penyerahan zakat maal. Dari total dana euro yang terkumpul dan setelah dikurskan ke mata uang rupiah, jumlah total keseluruhan dana yang disepakati adalah Rp. 14.500.000,-. Kemudian, setelah berdiskusi dengan pengurus panti, disepakati penyerahan zakat fitrah dilakukan pada tanggal 19 Juni 2017 di Masjid At-Tanwir yang berlokasi di dalam panti.

Terkait teknis penyerahan zakat, anak-anak panti baik yang tinggal di asrama serta anak-anak dhu’afa yang tidak tinggal di asrama diundang untuk hadir pada forum penyerahan zakat serta uang santunan kepada mereka. Dari total dana 12 juta tersebut, dana sebesar Rp. 3.800.000,- diberikan langsung kepada 38 anak panti yang hadir. Sehingga diketahui bahwa setiap anak mendapatkan uang santunan sebesar seratus ribu rupiah. Sedangkan dana selebihnya masuk ke kas panti untuk pembelian logistik dapur serta perbaikan gedung panti.

Selain penyerahan zakat, PCIM Jerman juga memberikan bingkisan tiga buah novel motivasi untuk tiga anak panti yang berprestasi. Turut hadir dalam kesempatan tersebut di antaranya Ketua Pengurus Panti Suwandi Danu Subrata, Sekretaris panti Sena, Bendahara panti Mugiyanta, serta pengurus panti lainnya Sigit Hadriyanto. Sedangkan dari pihak PCIM Jerman hadir Ketua PCIM Jerman, Ridho Al-Hamdi beserta istri dan anak-anaknya.

“Alhamdulillah, sebagai amil zakat, LazisMu Jerman telah menunaikan amanah untuk menyalurkan salah satu rukun Islam kepada kaum Muslim yang berhak mendapatkannya. Semoga amal ibadah bapak ibu yang telah mempercayakan zakat dan fidyahnya kepada LazisMu Jerman diterima di sisi Allah serta senantiasa mendapatkan rezeki yang barokah. Amin,” pungkas Ridho (QNs).