Dinamika persyarikatan

Masjid At Taqwa Muhammadiyah dan Masjid Jamik Cot Bak U Gelar Qurban Bersama

adbya
Shares

ACEH BARAT DAYA, Suara Muhammadiyah- Penyembelihan hewan qurban oleh panitia qurban Masjid At Taqwa Muhammadiyah Cot Bak U, Sabtu (2/9/17) ada yang unik. Tidak seperti biasanya penyembelihan hewan qurban tahun ini dilakukan secara bersama dengan panitia qurban Masjid Jamik Cot Bak U dimana keseluruhan hewan qurban dikumpulkan di satu titik lokasi penyembelihan. Penyembelihan tidak dilaksanakan di Masjid melainkan di lokasi Pasar Ikan Cot Bak U Kecamatan Lembah Sabil.

Hewan qurban yang disembelih yaitu sebanyak 7 ekor kerbau dan 3 ekor kambing yang terbagi Masjid At Taqwa 4 ekor kerbau, 2 ekor kambing sedangkan Masjid Jamik 3 ekor kerbau, dan 1 ekor kambing. Selanjutnya hewan qurban ini di bagi dalam 700 paket daging yang akan dibagikan kepada masyarakat Desa Cot Bak U sebanyak 350 paket, dan masing-masing 5 paket akan dikembalikan kepada yang berqurban untuk dibagikan kepada saudara-saudaranya yang berhak menerima. Sementara itu sisa paket daging qurban akan dibagikan kepada Desa dalam wilayah Kecamatan Lembah Sabil dan sekitar yang tidak melaksanakan penyembelihan hewan qurban yaitu Desa Kuta Paya, Padang Keulele, dan Ujong Tanoh dengan sasaran rumah tangga yang di dalamnya dihuni oleh janda yang mengasuh anak yatim.

Dalam pelaksanaan qurban bersama ini Jasman berharap agar terus dijaga dan akan berkelanjutan untuk kemaslahatan ummat. “Semoga kerja sama penyembelihan hewan kurban ini terus berlanjut dan akan lebih baik” ujar Jasman selaku panitia Pelaksana Qurban.

Jasman selaku panitia qurban Masjid At Taqwa Cot Bak U sejak tahun lalu juga telah mensosialisasikan bahaya merokok kepada masyarakat Cot Bak U dan tahun ini mengajak para perokok untuk berhenti merokok dengan menyisihkan biaya merokoknya untuk berqurban. Dengan sosialisasi 1 hari/1 bungkus rokok seharga Rp. 10.000,- jika setahun ada 360 hari maka Rp. 3.600.000,- akan terkumpul. Sementra untuk berqurban hanya butuh Rp. 2.500.000,-

Berkat sosialisasi bahaya merokok, pada tahun ini sudah ada dua kelompok yang mendaftar untuk berqurban yang setiap kelompok terdiri dari 7 orang yang akan didaftar untuk berqurban pada tahun 2018/1439H mendatang. “Ini pencapaian awal yang sangat baik atas kesadaran masyarakat pentingnya berqurban dengan menghilangkan aktifitas merokoknya” imbuh Jasman

Selanjutnya Abu Hasan selaku panitia qurban Masjid Jamik pun berharap agar masyarakat kian sadar atas pentingnya berqurban dan selalu berkeinginan untuk terus berqurban pada tahun-tahun selanjutnya meskipun tahun ini juga telah berqurban. (Anhar)

Shares
aplikasi_suara_muhammadiyah

Tambah Komentar

Klik disini untuk memberikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Edisi Baru

  • new.jpeg
  • edisi-baru.jpeg
  • web-ad_jamaahhebat.jpg
  • webad_pasang-iklan.gif
  • WebAds_deamilela_thumb.jpeg
  • SS-web1.jpg