Berita

Perkuat Manajemen Masjid, FMSU Belajar ke Jogokaryan

WhatsApp Image 2017-12-27 at 21.08.48
Shares

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah– Upaya pembekalan dan penguatan jamaah masjid, menjadi program dan perhatian masyarakat Sumatera Utara. Setidaknya hal ini terlihat dari program dan agenda-agenda yang diwakilkan oleh Forum Masjid Se-Sumatera Utara.

Demikian disampaikan oleh Anwar Bakti, Kordinator Forum Masjid Se-Sumatera Utara, saat berkunjung ke kantor Suara Muhammadiyah (27/12).

“Tujuan kami ke jogja, ingin belajar banyak tentang manajemen pengelolaan masjid di Sumatera Utara, terutama dalam pengelolaan jamaah”, tuturnya.

Lebih lanjut Anwar menjelaskan, model pengelolaan masjid di Jogokaryan, betul-betul dapat menjadi model bagi pengelolaan masjid di Sumatera Utara. Masjid Jokokaryan, bukan saja sekedar tempat melaksanakan ibadah mahdah, namun juga mampu membangun hubungan yang bagus dengan jamaah, mulai dari persolaan sosial, ekonomi, dan lain sebagainya.

“Kami senang sekali, bisa belajar dari masjid Jogokaryan, dan kita semua jadi sadar, bahwa fungsi masjid yang sesungguhnya bisa dilihat dari masjid Jogokaryan,” tambahnya.

Sebab selama ini, menurut dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara ini, sering sekali masjid terkunci setelah usai shalat, sementara di masjid Jogokaryan masjid selalu terbuka 24 jam untuk jamaahnya.

Persoalan pembinaan jamaah ini, menjadi persoalan utama yang ingin dipelajari oleh forum masjid Se-Sumatera Utara. “InsyaAllah, kunjungan kami ke Jogokaryan, bisa menjadi awal melakukan pembinaan jamaah secara lebih baik”, tambahnya.WhatsApp Image 2017-12-27 at 21.08.49

Sebagai informasi sebelumnya, forum masjid Se Sumatera ini, sangat aktif dalam gerakan penjagaan masjid. Karena terdapat beberapa masjid, yang lahannya dibeli oleh para pengusaha untuk didirikan bangunan lain. Sehingga, sering sekali, masalah ini, menjadi persoalan di Sumut.

“Memang kita tidak bisa salahkan sepenuhnya pengusaha yang memiliki lahan masjid, mereka beli karena aspek bisnis, yang disayangkan memang jamaah yang menjual,” katanya. Oleh karenanya, menurut Anwar, perlu pembinaan yang kuat terkait jamaah.

Kunjungan Anwar Bakti ditemani oleh 2 rekan, dan diterima langsung oleh direktur Suara Muhammadiyah. (red)

Shares
aplikasi_suara_muhammadiyah

Tambah Komentar

Klik disini untuk memberikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Edisi Baru

  • new.jpeg
  • edisi-baru.jpeg
  • web-ad_jamaahhebat.jpg
  • webad_pasang-iklan.gif
  • WebAds_deamilela_thumb.jpeg
  • SS-web1.jpg