Berita

Suara Muhammadiyah Ramaikan Pameran Hari Pers Nasional

sm pameran
Shares

PADANG, Suara Muhammadiyah– Dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2018, Suara Muhammadiyah termasuk salah satu media yang mengikuti pameran yang berlangsung di GOR H Agus Salim Padang, Sumatera Barat. Pameran ini akan berlangsung sejak 6-9 Februari. Pada tanggal 9 Februari juga akan diadakan puncak peringatan HPN, yang akan dihadiri oleh para pimpinan Majalah Suara Muhammadiyah.

Pada hari itu juga, Suara Muhammadiyah akan menerima penghargaan dari Panitia Pusat HPN; Penghargaan Kategori Kepeloporan sebagai Media Dakwah Perjuangan Kemerdekaan RI dalam Bahasa Indonesia. Undangan tersebut telah disampaikan melalui surat bernomor 108/PWI-P/HPN 2018/1/2018. Di mata ketua umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, penghargaan ini memiliki makna penting. “Penghargaan tersebut bukti dari pengakuan atas keberadaan dan peran kesejarahan SM yang berdiri tahun 1915 dalam perjuangan kemerdekaan dan pencerdasan bangsa Indonesia yang tidak dimilki pergerakan kemasyatakatan lainnya,” tuturnya.

Keikutsertaan Suara Muhammadiyah sendiri merupakan bagian dari delegasi Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) PP Muhammadiyah. Wakil Ketua MPI PP Muhammadiyah, Imron Nasri, menyatakan bahwa kegiatan ini guna memperkenalkan media-media yang ada di Muhammadiyah. Media yang diundang oleh MPI adalah Suara Muhammadiyah, TV Muhammadiyah, website muhammadiyah.or.id dan Menara62.com.

Menurutnya, data-data yang dibutuhkan untuk pameran HPN tersebut sebagian besar merupakan arsip dan dokumen yang dimiliki oleh Suara Muhammadiyah. Pusat Data-Litbang Suara Muhammadiyah turut berperan memelihara arsip dan manuskrip tentang Muhammadiyah, di tengah ketidaksadaran arsip dalam budaya Muhammadiyah. Semua arsip itu telah mulai dikelola oleh Pusdalitbang SM secara profesional dalam beberapa tahun terakhir.

Pameran tersebut, kata Imron, juga dalam rangka menginformasikan tentang museum Muhammadiyah. Museum yang sedang dibangun di Yogyakarta tersebut belum banyak diketahui oleh publik. Sehingga dibutuhkan sosialisasi terus menerus.HPN

Hal senada dibenarkan wakil sekretaris MPI PP Muhammadiyah, Roni Thabroni. “MPI PP Muhammadiyah berpartisipasi memeriahkan HPN 2018 dengan membuka stand pameran di GOR H. Agus Salim Padang mulai 6-9 Februari 2018,” katanya.

Ketua PWM Sumatera Barat, Shofwan Karim Elhusein menyambut baik partisipasi dari majalah Suara Muhammadiyah dalam rangka Hari Pers Nasional di Padang. “Suara Muhammadiyah, TVMU, website muhammadiyah.or.id dan RadioMu telah bertransformasi menjadi media kebanggaan umat khususnya kader sejak dulunya hingga jaman now,” ujarnya.

Oleh karena itu, warga Muhammadiyah diharapkan bisa menghadiri kegiatan pameran tersebut. Kunjungun ke stand Suara Muhammadiyah terasa istimewa di saat Suara Muhammadiyah akan segera merayakan ulang tahun yang ke-103. Kunjungin tersebut bermakna ikut serta bergembira dengan media Muhammadiyah yang menerima penghargaan di ajang tersebut. Redaktur Pelaksana Majalah Suara Muhammadiyah, Isngadi Marwah Atmadja menyatakan, penghargaan di HPN ini merupakan kado terindah melengkapi perayaan Milad dan Peresmian Grha Suara Muhammadiyah yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 25 Februari 2018. (ribas)

Shares
aplikasi_suara_muhammadiyah

Tambah Komentar

Klik disini untuk memberikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Edisi Baru

  • new.jpeg
  • edisi-baru.jpeg
  • web-ad_jamaahhebat.jpg
  • webad_pasang-iklan.gif
  • WebAds_deamilela_thumb.jpeg
  • SS-web1.jpg