31 C
Yogyakarta
Sabtu, Agustus 15, 2020

Dua Ribu Muballigh Muhammadiyah Disebar ke Seluruh DIY

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

Menjadi Super Tendik di Kala Pandemi

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Memasuki era New Normal, Sabtu (15/8), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY mengadakan kegiatan Pelatihan...

Esai Cerdas di Masa Pandemi (1) Humor di Atas Normal

Menggali ceruk-ceruk pengalaman yang membahagiakan selama lima bulan di rumah saja saya menemukan banyak jurus hidup yang asyik. Salah satu jurus hidup...

Lazismu Medan Gelar Aksi Kemanusiaan Erupsi Sinabung

KARO, Suara Muhammadiyah - Erupsi Sinabung terus berlanjut dalam pekan ini. Kerugian akibat hancurnya lahan pertanian diperkirakan mencapai Rp 41 miliar lebih....

UMSU Gelar Parade Qori dan Qoriah Terbaik Lintas Generasi

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara menyambut  Hari Ulang Tahun ke 75 Kemerdekaan RI dan  Tahun Baru Islam, Muharram 1442 Hijriah...

Mengembangkan Sekolah Muhammadiyah Harus Pada Niat

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Mengembangkan sekolah Muhammadiyah harus memiliki niat. Kepala Sekolah Muhammadiyah harus memiliki visi misi dan tujuan harus jelas.
- Advertisement -

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah-Selama bulan Ramadhan Tahun 1439 H Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY akan menyebar dua ribu (2.000) Muballigh keseluruh DIY. Tema Muballigh Hijrah yang diusung tahun ini adalah “Dakwah Milenial, Moderat Bersikap, Unggul Merangkul”. Penyebaran  Muballigh sasaran utamanya adalah daerah 3T (Terpencil, Terdalam dan Tertinggal).

Sebelum ditempatkan ke wilayah  prioritas, maka  Muballigh diberi pembekalan dan penguatan selama tiga hari. Program Muballigh Hijrah ini selain sebagai ajang silaturahmi dan memperkuat ukhuwah Islamiyah sekaligus juga menjawab harapan umat akan kebutuhan da’i di daerah yang masih sangat kekurangan.

Dari tahun ketahun permintaan  Muballigh dari seluruh DIY selalu meningkat. Tahun ini calon Muballigh yang dikelola PWM DIY meningkat. Tahun ini jumlah total Muballigh yang akan diterjunkan ke masyarakat sebanyak 2.000 Muballigh. Mereka menetap selama 25 hari di lokasi untuk berdakwah  dan memberi pencerahan kepada masyarakat.

Sasaran masyarakat yang diprioritaskan dalam kegiatan Ramadhan ini adalah persyarikatan Muhammadiyah ditingkat ranting. Adapun prioritas program berpusat pada kebutuhan masyarakat berbasis masjid salah satu programnya adalah bimbingan baca tulis Al-Qur’an bagi anak-anak, dewasa dan orang tua. Bimbingan kegiatan kajian keagamaan, kesehatan dan kajian tematik berdasarkan kebutuhan masyarakat.

Program penguatan lainnya adalah pengajian jelang buka puasa, kultum tarawih dan ceramah subuh serta bimbingan edukasi kesehatan dari Mahasiswa KKN yang konsentrasi dibidang kesehatan.  Semua program kegiatan termonitoring secara rutin oleh tim PWM DIY.

Ribuan Muballigh yang akan disebar selama bulan ramadhan ini  berasal dari Mahasiswa, Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah, Mahasiswa KKN UMY, UNIRES UMY, KKN UAD, UNISA, Forum Panti serta sejumlah siswa dari beberapa Madrasah, SMA dan SMK. Mereka akan disebar keseluruh Pelosok DIY.

Dalam rangka mensukseskan program tebar Muballigh Hijrah keseluruh daerah tertinggal, terdalam dan terpencil, maka dukungan dari pemerintah setempat yang di wakili oleh Kesra Pemprof DIY,  LP3M UMY, LPPI UNISA dan pihak-pihak yang berperan dalam mensukseskan sangat membantu iklim terwujudnya  dakwah Milenial, moderat bersikap, unggul merangkul. (Yayat Hidayat)

- Advertisement -

1 KOMENTAR

  1. Makmur yah jogja….. Punya banyak SDM, cobalah para kader di jogja dikirim ke luar jogja…… Banyak loh didaerah jogja yang lebih 3T.

    Salam kader dari bumiayu, brebes.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

More articles