Berita

Jadikan Ramadhan Penuh Persaudaraan dan Perdamaian Antar Sesama

?
?
Shares

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Menjelang Ramadhan 1438 H tahun 2018 M, Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah mengajak segenap umat Islam untuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan dengan kekhusukan, pengkhidmatan, serta penuh suka cita sebagai bagian dari upaya mencari ridha dan meningkatkan kualitas ketakwaan kepada Allah SWT.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah Siti Noordjannah Djohantini di Gedung Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah, Selasa (15/5/2018). Berdasarkan Maklumat Pimpinan Pusat Muhamamdiyah menetapkan 1 Ramadhan 1439 Hijriyah jatuh pada hari Kamis 17 Mei 2018.

Noordjanah mangatakan Ramadhan sebagai bulan spiritualisasi, menyebarkan nilai luhur moral, persauadaraan dan perdamaian antara sesama. “Hal-hal yang memilukan itu mudah-mudahan bisa kita semai lagi, kita kuatkan lagi di bulan Ramadhan dengan penuh persaudaraan, perdamaian antar sesama,” ungkapnya setelah menyampaikan pernyataan sikap Selamatkan Keluarga dari Terorisme.

Ia mengajak untuk menjadikan bulan Ramadhan untuk beramal shalih, amaliah mencerahkan, dan untuk mengkaji nilai-nilai ajaran agama yang penuh dengan kedamaian sebagai pedoman hidup. “Mengajak keluarga-keluarga untuk menebarnya nilai-nilai keutamaan melalui keluarga, kesempatan yang sangat baik untuk menjadikan anak-anak kita sebagai generasi yang berkarakter,” tambah Noordjanah.

Selanjutnya, Noordjanah mengungkapkan kepada seluruh masyarakat yang menjalankan ibadah Ramadhan menjadikan amaliah yang berbasis pada pemberdayaan ekonomi. “‘Aisyiyah pada saat ini terus menggerakkan pemberdayaan ekonomi ummat, dan solidaritas untuk saudara-saudara kita yang kurang beruntung dengan usaha-usaha pemberdayaan ekonomi sehingga menumbuhkan rasa kesetiakawanan dan saling menggembirakan,” terangnya.

Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah, lanjut Noordjannah, melihat berbagai peristiwa yang kekerasan dan teror yang terjadi, diharapkan umat dan masyarakat mempunyai harapan untuk hidup, jangan sampai menjadi orang-orang yang lemah, tetapi harus mempunyai masa depan. “Kita harus punya harapan, masa depan, apalagi untuk anak-anak kita, generasi bangsa yang akan datang,” pungkas.(rizq)

 

PERNYATAAN PIMPINAN PUSAT ‘AISYIYAH

TENTANG

MENYAMBUT PUASA RAMADHAN 1439 HIJRIYAH

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM

Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah berdasarkan Maklumat Pimpinan Pusat Muhamamdiyah tentang Ramadhan tanggal 9 Maret 2018 Nomor 01/MLM/I.0/E/2018 telah menetapkan bahwa bahwa: 1 Ramadhan 1439 Hijriyah jatuh pada hari Kamis 17 Mei 2018; 1 Syawwal 1439 H (Idul Fitri) jatuh pada hari Jum’at 15 Juni 2018. Berkenaan dengan datangnya bulan Ramadhan ini, maka Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah menyampaikan pernyataan sebagai berikut :

  1. Kami mengajak segenap umat Islam di seluruh Indonesia untuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan dan ibadah lainnya dengan kekhusukan, pengkhidmatan, serta penuh suka cita menunaikan kewajiban puasa Ramadhan selama satu bulan penuh sebagai bagian dari upaya mencari ridho dan meningkatkan kualitas ketakwaan kepada Allah SWT.
  2. Bulan Ramadhan jadikan bulan spiritualisasi, menyebarkan nilai luhur moral, persauadaraan dan perdamaian antara sesama. Jadikan Ramadahan sebagai bulan membangun kesalehan dan amaliah yang memajukan dan mencerahkan, serta menjadi bulan keilmuan dengan mengkaji nilai-nilai Islam berdasar Al -Quran dan As-Sunnah yang maqbulah sebagai pedoman hidup yang mencerahkan.
  3. Bulan Ramadhan sebagai bulan untuk menyemaikan nilai-nilai kebaikan dan keutamaan kepada anak-anak generasi penerus melalui keluarga dan masyarakat dalam berbagai kegiatan untuk menjadikan anak-anak sebagai generasi yang berkharakter.
  4. Bulan Ramadhan menjadi momentum untuk meningkatkan amaliah yang berbasis pada pemberdayaan ekonomi umat dalam mewujudakan kesejahtaraan dan kemakmuran umat. Selain itu untuk memperkuat rasa solidaritas sosial dan ekonomi pada saudara-saudara kita yang kurang beruntung sehingga menumbuhkan rasa kesetiakawanan yang saling menggembirakan.
  5. Kepada para tokoh umat dan pemimpin bangsa diharapkan memberikan suri teladan di dalam mengemban amanah untuk sebesar-besarnya bagi kepentingan umat dan bangsa. Hal ini ditunjukkan dalam perilaku dalam tindakan sehingga sejalan antara kata dan tindakan.

Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1439 H, semoga Allah memberikan petunjuk, perlindungan, kekuatan , keikhlasan serta pahala dan ridla-Nya untuk kita semua. Nashrun min Allah wa fathun qarib. Aamiin

Yogyakarta, 29 Sya’ban 1439 H /15 Mei 2018 H

Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah

Ketua Umum

 

 

Dra. Siti Noordjannah Djohantini, M.M, M.Si

NBM : 548580

 

Sekretaris Umum

 

 

Dra. Siti Diah Nuraini, M. PI

NBM : 549014

 

Shares
aplikasi_suara_muhammadiyah

Edisi Baru

  • new.jpeg
  • edisi-baru.jpeg
  • web-ad_jamaahhebat.jpg
  • webad_pasang-iklan.gif
  • WebAds_deamilela_thumb.jpeg
  • SS-web1.jpg