33 C
Yogyakarta
Senin, Juli 13, 2020

Pengajian SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta, SM Ajak Bangun Gerakan Literasi dan Sadar Media

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

Kemenag: Tidak Ada Agenda Penghapusan Bahasa Arab dan PAI Di Madrasah

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama A Umar memastikan tidak ada penghapusan mata pelajaran...

AS Berikan Sanksi pada Anggota Partai Komunis China terkait Penahanan Muslim Uighur

Suara Muhammadiyah – Amerika Serikat pada Kamis (9/7) telah memberlakukan sanksi terhadap salah seorang politisi China, Chen Quangguo, beserta tiga pejabat senior...

Disambut Haru Keluarga, UMY Umumkan Penerima Beasiswa Dokter Muhammadiyah

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali mengumumkan penerima Beasiswa Dokter Muhammadiyah. Pengumuman disampaikan Rektor UMY Dr Gunawan Budiyanto, MP...

Spirit Baru Suara ‘Aisyiyah

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam rentang perjalanan yang sangat panjang Aisyiyah bersama Suara Aisyiyah telah menunjukkan jati dirinya sebagai gerakan perempuan Islam...

Idul Adha ala Muhammadiyah di Masa Pandemi Covid-19

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah-Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengadakan Pengajian Umum via Zoom bertema “Idul Adha di Masa Pandemi Covid-19” pada 10 Juli 2020. Pengajian...
- Advertisement -

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Merespon perkembangan teknologi informasi yang semakin cepat,  maka dibutuhkan tingkat kesadaran publik yang tinggi tentang media informasi.  Termasuk di lingkungan amal usaha Muhammadiyah seperti lembaga pendidikan.

Demikian pokok pikiran yang disampaikan oleh Deni Asyari, Direktur Suara Muhammadiyah saat mengisi pengajian guru dan karyawan SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Kamis (16/8).

“Saat ini kita tidak mungkin menghindar dari serangan revolusi teknologi informasi. Melalui berbagai alat informasi seperti gagjet, laptop,  komputer, setiap detik kita disuguhkan dengan berbagai informasi. Mulai dari hal yang sepele hingga yang penting.  Namun dari sekian banyaknya informasi yang beredar, menjadi kesulitan untuk menentukan mana informasi yang benar”, ungkap Deni.

Dalam kondisi seperti ini, tentu sangat mengkhawatirkan,  jika informasi yang tidak benar itu,  jatuh ke tangan anak-anak dan generasi kita. Sehingga setiap kita akan mudah memberikan penilaian tentang sesuatu sesuai persepsi kita yang belum tentu kebenarannya.

Deni Asy'ari bersama Kepala SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta Suprapto (Dok SM)
Deni Asy’ari bersama Kepala SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta Suprapto (Dok SM)

Oleh karena itu, Deni mengajak, pentingnya sekarang menumbuhkan kembali gerakan sadar media dan gerakan literasi di setiap sekolah.  Sehingga baik guru maupun siswa, belajar secara kritis dan cerdas tentang media.

“Pentingnya gerakan sadar media dan literasi ini, setidaknya dapat menguatkan diri dan institusi kita dalam membaca berbagai informasi yang beredar secara kritis dan cerdas,” tambah deni.

Dalam pengajian yang berlangsung 60 menit ini, Deni juga menyampaikan beberapa nilai kepribadian Muhammadiyah dalam bekerja di amal usaha, diantaranya: integritas,  komitmen, loyalitas, inovatif,  dan profesional.

Hadir dalam kegiatan ini,  selain kepala sekolah Suprapto MPd, juga Agus Rifai dan Esti sebagai wakil kepala sekolah, serta seluruh guru dan karyawan SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta.(Red/Rizq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

More articles