Angkat Gerakan Literasi, Kepala SD Muhammadiyah Metro Berprestasi Tingkat Nasional

Kepala SD Muhammadiyah Metro, Ihwan (Dok Istimewa)

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – SD Muhammadiyah Metro Pusat kembali menorehkan prestasi yang membanggakan. Kali ini yang diikuti adalah lomba kepala sekolah berprestasi. Menjadi pemenang ke-3 kepala sekolah prestasi tingkat nasional, yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional di Jakarta pada 11-18 Agustus 2018.

Dengan prestasi ini menambah sederetan prestasi-prestasi yang lain, baik yang diperoleh guru dan siswa, setelah tahun yang lalu salah satu guru juga sebagai peserta nasional guru berprestasi tingkat Nasional.

Perjuangan Ihwan sebagai kepala sekolah berprestasi tidaklah diraih dengan mudah. Untuk memperolehnya harus berkompetisi menjadi juara satu tingkat kota, kemudian harus berkompetisi dan bersaing di tingkat pronvinsi dengan kepala sekolah lain, hingga menjadi juara satu tingkat provinsi lampung.

Sebagai tindaklanjut dari lomba tersebut, pemenang 1, 2 dan 3 akan dimagangkan di Universitas Melbourne Australia selama dua minggu. Bersama para pemenang kepala sekolah tingkat TK, SMP, SMA, dan SMK.

Best practice yang diangkat Ihwan dalam kegiatan lomba kepala sekolah berprestasi adalah Gerakan Literasi Baca Tulis di SD Muhammadiyah Metro. SD Muhammadiyah Metro di bawah kepemimpinannya telah berhasil menggerakkan guru dan siswa untuk menulis, sehingga lahirlah lima belas siswa sebagai penulis yang telah melahirkan buku siswa, dan beberapa  kompilasi buku guru dan siswa lainnya.

Ihwan mengungkapkan bahwa keberhasilannya adalah kemenangan bersama, karena merupakan kerja keras para tenaga pendidik dan kependidikan di SD Muhammadiyah Metro Pusat yang telah melaksanakan program sekolah dengan baik.

“Mendidik murid-murid dengan sungguh-sungguh dan penuh keiklasan hingga menjadi anak-anak  yang berprestasi. Ditahun depan harus mencul guru yang berprestasi tingkat Nasional dari SD Muhammadiyah Metro,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pendidikan Ria Andari saat upacara penyambutan dan penghargaan di halaman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metro menyampaikan apresiasi dan terimkasih kepada Ihwan atas prestasinya sebagai Pemenang ke-3 tingkat Nasional yang telah mengharumkan Kota Metro ditingkat Nasional.

“Semoga ditahun-tahun yang akan datang, kita dapat membertahankan dan meningkatkan prestasi yang diraih ditahun ini,” tandas Ria.(Imam Sapi’i/Rizq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here