obrolan_cendekia
IMG-20180822-WA0028
Berita

Idul Adha Bersama Muhammadiyah Pulang Pisau Kalimantan Tengah

PULANG PISAU, Suara Muhammadiyah –  Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pulang Pisau bersama Takmir Masjid KH Ahmad Dahlan melaksanakan Shalat Idul Adha 1439 H di Halaman Masjid KH Ahmad Dahlan (Rabu 22/08/2018), walaupun dari sore hari sampai tengah malam diguyur hujan deras, tetapi pagi harinya cuaca sangat cerah, sehingga shalat dapat dilaksanakan di halaman Masjid.

Dalam sambutannya Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pulang Pisau Supardi MAP mengatakan PDM bersama Takmir Masjid KHA Dahlan dapat melaksanakan shalat Idul Adha untuk yang ketiga kalinya di halaman Masjid yang sampai saat ini juga masih dalam proses pembangunan di lantai atas. Jamaah shalat ied semakin meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.

Disampaikan juga untuk tahun ini Panitia Qurban menyelenggarakan qurban dengan jumlah 6 ekor sapi, terdiri dari  4 ekor sapi  partisipasi para jamaah pequrban, dan 2 ekor sapi bantuan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah untuk PDM Pulang Pisau. Untuk 2 ekor sapi tersebut lansung diserahkan kepada PCM Maliku dan PCM Pandih Batu, untuk dilakukan penyembelihan di lokasi masing-masing.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada para shohibul qurban yang telah mempercayakan qurbannya melalui Masjid KH Ahmad Dahlan, semoga tahun depan dapat terus meningkat, sebab untuk melaksanakan qurban  tidak harus langsung membayar lunas, tetapi dapat dilakukan dengan pembayaran semampunya  melalui program tabungan qurban yang diadakan oleh Panitia Qurban Masjid KH Ahmad Dahlan,” ujarnya.39878980_310641349693536_7511557433135726592_o - Copy

Sementara itu, Khadirun selaku Khatib dan Imam Shalat Idul Adha  dalam khutbahnya menyampaikan kepada para jamaah untuk mengambil pelajaran dari Kisah Nabi Ibrahim dan Istrinya Siti Hajar yang telah memberikan contoh agar memperhatikan generasi penerus dan bagaimana mendidik anak agar menjadi anak yang sholeh, serta pengorbanan yang luar biasa  dari puteranya Nabi Ismail AS, yang telah memberikan contoh kepada kita semua sebagai prototipe atau figur  dari anak sholeh yang rela menyerahkan jiwa raganya untuk mengabdi kepada Allah SWT.

Kegiatan penyembelihan hewan qurban  dilaksanakan setelah shalat Idul adha dan berjalan dengan tertib dan lancar sampai dengan proses distribusi daging qurban. Semua daging Qurban dapat tersalurkan dengan baik sesuai dengan daftar  penerima qurban yang telah diinventarisasi oleh panitia dengan prioritas warga masyarakat lingkungan masjid dan sekitarnya, dan sebagian juga menjangkau ke wilayah desa-desa terdekat lainnya seperti daerah UPT Transmigrasi, Desa Anjir, dan Desa Mentaren,  termasuk diberikan  kepada jamaah, tokoh agama dan tokoh masyarakat lainnya di Pulang Pisau. (BOF)