24 C
Yogyakarta
Kamis, Agustus 13, 2020

Haedar Nashir Resmikan Wisma Muhammadiyah Ngloji

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

Pengabdian, Dosen Manajemen UMY dan Warga Bausasran Adakan Penghijauan

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sempitnya lahan tidak menyurutkan keinginan warga RW 11 Bausasran Kecamatan Danurejan Kota Yogyakarta untuk menghijaukan wilayahnya.

Asah Kreativitas, PMM UMM Ajari Anak-Anak Seni Kolase

BLITAR, Suara Muhammadiyah - Kelompok Pengabdian Mahasiswa untuk Masyarakat (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang melakukan pengabidan masyarakat dengan mengajari anak-anak membuat kolase. Kegiatan...

Dosen FEB UMY Latih Jamaah Pengajian Membuat Kain Shibori

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Pengabdian masyarakat merupakan salah satu bentuk kewajiban dalam Catur Dharma Perguruan Tinggi. Disamping itu pengabdian masyarakat di era...

Semua Siswa Dapat, SMK Mutu Tegal Bagikan Perdana Plus Kuota untuk PJJ

TEGAL, Suara Muhammadiyah - Bentuk pelayanan selama diberlakukannya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam masa covid 19. SMK MUTU Tegal berikan kartu perdana...

Islam, Alam, dan Tugas Manusia

Alam akan membawa manfaat dan berkah bagi manusia, manakala telah melaksanakan tugasnya terhadap alam, yakni mengembalikan alam ke jalan yang benar. Yakni...
- Advertisement -

SLEMAN, Suara Muhammadiyah – Setelah tanam raya padi dan deklarasi Jamaah Tani Muhammadiyah (JATAM), Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir, meresmikan Wisma Muhammadiyah Ngloji, Kebonagung, Senin (10/9).

Wisma tersebut merupakan gedung lama dengan arsitektur peninggalan zaman kolonial yang kini menjadi sekretariat bersama Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Minggir, Organiasi Otonom (Ortom), dan LazisMu.

“Gedung ini harus kita rawat bersama, dengan tenaga, pikiran, rejekinya, dan tidak kalah pentingnya dengan ilmu,” ungkap Haedar dalam wejangannya setelah peresmian. “Cabang ini bukan hanya gedungnya, tetapi harus ada kegiatan-kegiatan dakwah Muhammadiyah.”

Menurutnya, Muhammadiyah sebagai gerakan Islam, dakwah, dan tajdid ingin menyebarluaskan dan menunjukkan Islam yang memberi rahmat bagi semesta. “Sehingga menjadi rahmatan lil alamiin, buat diri kita, keluarga kita, termasuk anak-anak kita, sehingga menjadi qurrota a’yun (penyejuk jiwa-red), serta masyarakat sekitar.”

Meninjau pembangunan Masjid Wisma Muhammadiyah Ngloji (Dok Imaddudin)
Meninjau pembangunan Masjid Wisma Muhammadiyah Ngloji (Dok Imaddudin)

Sehingga, lanjut Haedar, masyarakat dapat merasakan kehadiran Islam, bahkan termasuk mereka yang berbeda agama sekalipun. “Dari gedung dakwah Muhammadiyah ini kita harus membangun ukhuwah kebersamaan dengan seluruh masyarakat, lebih dari itu kita juga harus membina generasi baru kita,” imbuhnya.

Selain itu, Haedar juga meninjau pembangunan Masjid di samping Wisma Ngloji dan menyampaikan akan bantu memperbaiki gedung tersebut. “InsyaAllah PP (akan) merenovasi ini, biarpun ini gedung bersejarah, jangan seperti kuburan, sepi. Ini harus jadi tempat kehidupan, jadikan sebagai pusat pergerakan dakwah Islam yang memberi rahmat bagi lingkungan kita,” pungkasnya.(Riz)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

More articles