27 C
Yogyakarta
Sabtu, Agustus 15, 2020

Internalisasi AIK, Maba UMP Ikuti Mentoring

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

Esai Cerdas di Masa Pandemi (1) Humor di Atas Normal

Menggali ceruk-ceruk pengalaman yang membahagiakan selama lima bulan di rumah saja saya menemukan banyak jurus hidup yang asyik. Salah satu jurus hidup...

Lazismu Medan Gelar Aksi Kemanusiaan Erupsi Sinabung

KARO, Suara Muhammadiyah - Erupsi Sinabung terus berlanjut dalam pekan ini. Kerugian akibat hancurnya lahan pertanian diperkirakan mencapai Rp 41 miliar lebih....

UMSU Gelar Parade Qori dan Qoriah Terbaik Lintas Generasi

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara menyambut  Hari Ulang Tahun ke 75 Kemerdekaan RI dan  Tahun Baru Islam, Muharram 1442 Hijriah...

Mengembangkan Sekolah Muhammadiyah Harus Pada Niat

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Mengembangkan sekolah Muhammadiyah harus memiliki niat. Kepala Sekolah Muhammadiyah harus memiliki visi misi dan tujuan harus jelas.

Siswa MIM Grubug Ikuti Workshop Seni Baca Puisi

KULON PROGO, Suara Muhammadiyah - Tidak semua orang berani mengekspresikan diri tampil di depan banyak orang, baik pidato atau dalam bentuk lain....
- Advertisement -

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mengajak para mahasiswa untuk meningkatkan nilai-nilai religius dalam kehidupan. Hal itu diungkapkan Wakil Rektor IV Bidang Pengembangan dan Kerja Sama, Al Islam dan Kemuhammadiyahan,  Jebul Suroso, pada Grand Opening Mentoring tahun akademik 2018-2019 bertajuk “Dengan Mentoring Menumbuhkan Benih-benih Intelektual Muda Muslim yang Peduli Umat” di Auditorium Ukuwah Islamiyah UMP, Jum’at (14/9).

Grand Opening Mentoring merupakan konsep baru yang disuguhkan oleh Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam Universitas (LPPI) UMP yang tidak ada dikampus lain. Tujuannya, untuk menumbuhkan karakter inovatif, cerdas dan tanggap perubahan dengan menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman, terutama 3.315 mahasiswa baru UMP.

Jebul dalam sambutannya mengatakan, sikap religius bagi mahasiswa itu dinilai penting dan harus selalu ditingkatkan. “Program mentoring seperti ini tidak ada di kampus lain karena ini merupakan inovasi dari LPPI untuk meningkatkan religiusitas mahasiswa baru, agar nanti setelah wisuda bisa membawa ilmu religius dan juga ilmu akademik,” katanya.

Lebih lanjut Ia mengungkapkan grand opening mentoring juga untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. “Nantinya mereka akan dipakai ketika mengikuti KKN pada semester 7,” imbuh Jebul.

Maba Ikuti Pembukaan Mentoring UMP (Dok Tegar)
Maba Ikuti Pembukaan Mentoring UMP (Dok Tegar)

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pembinaan dan Pengamalan Al Islam Kemuhammadiyahan (PPAIK), Achmad Husein, mengatakan program mentoring adalah salah satu program LPPI UMP yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terkait kemuhamadiyahan.

“Program ini juga untuk memperlancar mahasiswa yang bacaan al-Qur’an kurang lancar dan menjelaskan kembali bagaimana cara berwudlu dan sholat yang sesuai dengan tata cara yang dicontohkan Rasullulah,” ungkapnya.

Husein melanjutkan, nantinya syarat untuk wisuda adalah memperoleh sertifikat bukti telah mengikuti mentoring dan juga shadadah bukti kelancaran membaca al-Qur’an.

“Nantinya mahasiswa yang ingin mendapatkan Syahadah baca Al-Qur’an bisa langsung tes baca Al-Quran dengan ustad di LPPI. Mentoring ini merupakan syarat untuk menempuh mata kuliah ibadah akhlak muamalah pada semester 3. Mahasiswa juga akan mendapatkan buku HPT (Himpunan Keputusan Tarjih),” pungkasnya.(ar/tgr/riz)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

More articles