22.1 C
Yogyakarta
Senin, Agustus 10, 2020

UMM Buka Peluang Mahasiswanya Lanjut Kuliah ke Amerika

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

Inilah Rekam Jejak Prof Ambo Asse, Rektor Baru Unismuh Makassar

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar kini memiliki nakhoda baru. Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan Prof Dr H Ambo Asse,...

Prof Ambo Asse Dilantik Jadi Rektor Unismuh, AMM Siap Berikan Dukungan Penuh

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Jika tak ada aral melintang, Prof. Dr. H. Ambo Asse M.Ag. akan dilantik sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh)...

Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah Lepas Pengabdian Thalabah

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pengabdian merupakan salah satu dari Tri Dharma pergururan tinggi. Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM)...

Berita Hoax Covid-19 Lebih Cepat Menjangkiti Dibanding Virusnya

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Sudah beberapa kali ini berita hoax terkait Covid-19 terus bermunculan dan meresahkan masyarakat luas. Berita hoax Covid-19 justru...

Salurkan KUR Syariah, Menko Perekonomian Dukung UMKM Pemuda Muhammadiyah

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dampak dari Pandemi Covid-19 tidak bisa dipungkiri menghantam semua sendi dan aspek kehidupan masyarakat, semua lapisan tanpa pandang...
- Advertisement -

MALANG, Suara Muhammadiyah – Tak dapat dipungkiri, kini banyak orang Indonesia yang berlomba-lomba untuk kuliah di luar negeri dengan dalih kualitas pendidikan yang lebih baik. Diantaranya ada yang menjatuhkan pilihan di negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Pada tahun 2018 ini, terdapat sekitar 9 ribu mahasiswa Indonesia menempuh studi di negeri tersebut.

Hal ini disampaikan Christine Getzler Vaughan, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Konsulat Jenderal AS Surabaya. Christine, demikian panggilan akrabnya menyampaikan bahwa saat ini ada sekitar 9.000 orang Indonesia menempuh pendidikan di AS untuk jenjang S1, S2, dan S3. Jumlah ini terbilang sangat sedikit jika dibandingkan dengan jumlah mahasiswa asal Tiongkok yang mencapai kisaran 100.000 orang.

Ia pun berharap, melalui pameran pendidikan yang digelar EducationUSA Indonesia di Hall Dome Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), semakin banyak mahasiswa asal Indonesia yang melanjutkan studinya di AS. “Setelah pameran ini, saya harap jumlah mahasiswa Indonesia di AS akan meningkat. Kami memberi kesempatan kepada mereka yang mempunyaI potensi besar untuk berkuliah di Amerika,” tandasnya, Kamis (13/9).

EducationUSA Indonesia, menggandeng sebanyak 22 universitas ternama di Amerika untuk berpartisipasi dalam pameran, diantaranya Arizona State University, Marymount University, Michigan State University, Pennsylvania State University, University of Colorado dan New York University.

Warek UMM dan Konjen Amerika untuk Indonesia Timur membuka EducationUSA Indonesia (Dok UMM)
Warek UMM dan Konjen Amerika untuk Indonesia Timur membuka EducationUSA Indonesia (Dok UMM)

Konsulat Jendral Amerika untuk Indonesia Timur, Mark McGovern menyampaikan bahwa tujuan diadakannya pameran pendidikan ini adalah untuk memperkenalkan universitas-universitas yang ada di Amerika kepada para mahasiswa Indonesia, khususnya di Malang. “Selain itu juga kami ingin mempererat hubungan bilateral antara Indonesia dan AS di bidang pendidikan,” kata McGovern.

Wakil Rektor UMM, Syamsul Arifin, menyambut baik apa yang disampaikan oleh McGoven. Secara khusus Syamsul pun berharap, pameran kali ini dapat memperluas peluang mahasiswa UMM untuk menempuh pendidikan di AS.

“Ini adalah keempat kalinya UMM menjadi tuan rumah diadakannya pameran pendidikan USA. Saya berharap, kedepannya akan ada banyak mahasiswa UMM yang berminat melanjutkan pendidikan di Amerika,” pungkasnya.

Pameran pendidikan USA atau yang dikenal dengan USA Education Fair merupakan acara rutin yang digelar setiap tahun dan terbuka untuk umum. Memasuki tahun keempat ini, pameran akan diadakan di dua kota di Indonesia, yakni Malang dan Jakarta.(Humas UMM/Riz)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

More articles