smamda
Berita

Smart Parenting, Ajak Orang Tua Menjadi Pengasuh yang Lebih Baik

Smart Parenting SD Muhammadiyah Bayan (Dok Akhmad Musdani)
Smart Parenting SD Muhammadiyah Bayan (Dok Akhmad Musdani)

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah – Dalam rangka menyamakan presepsi pendidikan yang dicangangkan sekolah dengan pendidikan di rumah, Sekolah kreatif  SD Muhammadiyah Bayan menyelenggarakan Smart Parenting di Aula Sekolah Inovatis SMP Muhammadiyah Jono Bayam pada Ahad (30/9). Kegiatan ini di ikuti oleh para wali siswa kelas 1-6 SD, serta siswa SMP.

Lembaga pendidikan yang mempunyai Visi unggul dalam prestasi mulia dalam berbudi ini mengangkat tema kegiatan “Sinergitas Pendidikan Keluarga dengan Pendidikan di Sekolah”. Acara ini di sambut oleh antusias para wali yang memenuhi seisi ruangan. Yang mana hal ini merupakan kebutuhan mereka sebagai orang tua memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada anaknya serta menjadi pengasuh yang lebih baik.

Ahmad Darusman selaku Kepala Sekolah menyampaikan kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi bersama para wali murid dimana hal ini bertujuan membangun pola pendidikan anak yang sinergis antara komponen yang terkait.

“Apa yang diajarkan oleh guru kadang-kadang tidak ditindaklanjuti orang tua di rumah. Oleh karena itu hari ini kita mengundang pakar parenting Islam guna memaparkan bagaimana pola asuh orang tua di rumah agar anak-anak ke depan tumbuh baik menjadi anak sholeh sholehah serta dipadukan dengan program sekolah menjadi anak yang cerdas terampil dan bertaqwa kepada Allah SWT,” ujarnya.

“Dengan begitu harapannya apa yang menjadi visi-misi sekolah akan bisa tercapai dengan dukungan orang tua melalui pola asuh yang mana sinkron dengan strategi visi-misi sekolah,”tambahnya.

Acara Smart Paranting ini d isi oleh Mohammadi Fauzil Adhim, pakar Peranting Islam sekaligus penulis ini mengupas soal pola asuh orang tua kepada anaknya serta menjadi teladan yang berintegritas dengan memegang prinsip-prinsip konsekuen, konsisten dan adil untuk semua.

“Mungkin kita sering atau pernah menjumpai bapaknya baik ibunya baik tetapi anaknya kurang baik. Disini artinya teladan saja tidak cukup. Tetapi, perlu penanaman nilai-nilai keyakinan kuat yang bisa direnungi melalui QS An Nisaa ayat 9 itu,” ujarnya.

Ia menambahkah pemberian dukungan secara maksimal kepada anak sangat berarti, jangan sampai sang anak nantinya bergantung orang lain terlebih lagi pada gadged.

Kegiatan Smart parenting ini juga digelar untuk mensosialisasikan program belajar Ganesha Operation yang berkaitan dengan program sekolah.(Akhmad Musdani)

Tambah Komentar

Klik disini untuk memberikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *