Berita

Pertama di Blora, Technopark Musaba Diresmikan

Grasstrack Musaba Chasis (Dok Nur Rofiq/SM)
Grasstrack Musaba Chasis (Dok Nur Rofiq/SM)
Shares

BLORA, Suara Muhammadiyah – Berawal dari undangan untuk mengikuti Bintek di Jakarta pada  Bulan Mei 2018 yang diadakan oleh Direktorat Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (Dit P-SMK), SMK Muhammadiyah 1 Blora akhirnya terpilih menerima pendampingan dan bantuan dana untuk pengembangan Technopark.

Technopark merupakan pusat Teaching Factory (TeFa) yang ada di sekolah dan  menghubungkan dunia Industri dengan instansi terkait.

SMK Muhammadiyah 1 Blora adalah satu-satunya sekolah di Kabupaten Blora yang mengawali melaksanakan program ini atau satu dari dua sekolah terpilih se- Karisidenan Pati.

Dengan pendampingan dari ITB berupa visitasi sebanyak 2 kali, SMK Musaba diberi waktu 150 hari untuk mempersiapkan program ini.

Musaba Technopark resmi dilaunching oleh Kasi SMK BP2MK, Agus Rumanto yang didampingi Wakil Bupati Blora Arief Rohman, Selasa, (9/10).  Hadir pula pada kesempatan kali ini Kepala Dindik Blora Drs Achmad Wardoyo, Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Ign Ary Soesanto, perwakilan dari Humas Blora, Bappeda Blora, Dindagkop UMKM Blora, Camat Blora, Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Blora, serta Pimpinan Daerah Muhammadiyah Blora.

“SMK Muhammadiyah 1 Blora adalah sekolah yang sering mengharumkan nama Blora, baik di tingkat daerah bahkan provinsi. Dengan adanya Technopark ini, bisa menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain di Kabupaten Blora. Dan pemerintah siap bekerjasama membantu mendayagunakan hasil-hasil inovasi dari para siswa disini,” tutur Wakil Bupati Blora.

Hasil inovasi dari 5 jurusan yang didisplay di Musaba Technopark diantaranya yaitu:

D’ Blangkrak Traktor, hasil inovasi dari TeFa Surya Jaya Ototech milik Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR). Alat ini berupa traktor duduk sehingga memudahkan kerja para petani.

Running Text Control PC/USB, hasil inovasi dari TeFa DIVA Elektronik milik jurusan Teknik Audio Vidio (TAV).

Grasstrack Musaba Chasis, hasil inovasi dari TeFa Musaba Motor milik jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM).

Komik Strip asli Blora “SAMINO SAMINI”, produk dari TeFa Le Soleil Creative milik jurusan Multimedia.

Puff Pumpkin dan Choco Sivira, hasil inovasi pangan dari TeFa D’ Fascio milik jurusan Tata Boga.

“Hasil inovasi dari siswa SMK Muhammadiyah 1 Blora ini memang luar biasa. Bahkan saya dengar kalau  produk Choco Sivira  telah dipesan 750 picis oleh Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jateng dalam rangka peringatan Hari Pangan Sedunia yg untuk Jateng, akan dipusatkan di Blora 2 minggu lagi. Ini sungguh hal yang luar biasa, dan harus kita dukung” kata Bapak Agus Rumanto dalam sambutannya.

Kedepannya, show room Musaba Technopark terbuka untuk umum dan bisa dikunjungi bagi siapa saja yang ingin melihat produk-produk inovasi siswa. Diharapkan Musaba Technopark ini akan bisa terus memacu berkembangnya inovasi-inovasi baru hasil penemuan dari siswa-siswi SMK Muhammadiyah 1 Blora, yang bisa bermanfaat bagi kemajuan sekolah, masyarakat  Blora dan Indonesia pada umumnya. “Semoga Musaba Technopark ini juga bisa meng-inspirasi sekolah lain. Mari kita berusaha bersama demi kemajuan bangsa” kata ketua Musaba Technopark, Luhur Hari Santosa, ST. (Endahwahyu)

Shares
aplikasi_suara_muhammadiyah

Tambah Komentar

Klik disini untuk memberikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • web-ad_kld-2019.jpeg
  • webad_pasang-iklan.gif
  • WebAds_deamilela_thumb.jpeg
  • SS-web1.jpg