Berita

Literasi Pasar Modal, UMY Cetak Rekor MURI bersama KSEI dan FAC Sekuritas

UMY terima Rekor Muri (Dok BHP/UMY)
UMY terima Rekor Muri (Dok BHP/UMY)
Shares

BANTUL, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil menciptakan Rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). UMY menggandeng PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), PT Bursa Efek Indonesia (BEI), dan PT First Asia Capital Sekuritas (FAC) dalam penciptaan Rekor MURI “Login Aplikasi Pasar Modal oleh Investor Terbanyak”.

Melalui Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia Fakultas Ekonomi dan Bisnis (GI BEI FEB UMY) dan Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) UMY, Rekor Muri tersebut merupakan raihan ke-3 kalinya yang berhubungan dengan pasar modal. Sementara itu, UMY telah mencatatkan sebanyak 8 (delapan) kali Rekor MURI.

“Kegiatan Penciptaan Rekor Muri ini dilakukan untuk meningkatkan literasi dan inklusi pasar modal dengan semangat menumbuhkan dan menggerakan perekonomian Indonesia melalui pasar modal,” tutur Rektor UMY Dr Gunawan Budiyanto, MP dalam puncak acara Youthvestday (Youth Investor Day) di Sportorium UMY Rabu (7/11). Dia berharap semoga generasi muda sadar tentang pentingnya berinvestasi di Pasar Modal Indonesia dan dapat menjadi agen-agen literasi pasar modal.

Direktur KSEI Syafruddin menyampaikan hal ini sebagai memontum yang sangat positif dan diharapkan universitas lain di Indonesia dapat memiliki inisiatif yang sama dengan UMY. “Fasilitas AKSes merupakan sarana perlindungan investor yang disediakan oleh KSEI sejak tahun 2009. Dengan fasilitas AKSes investor diberikan akses untuk melihat secara langsung portofolio investasinya yang tersimpan di KSEI,” ungkapnya.

Menurut Syafruddin, KSEI merupakan satu-satunya Lembaga Penyimpanan dan Peyelesaian di Pasar Modal Indonesia. “Data portofolio investor yang terkosolidasi dan valid hanya tersedia di sistem KSEI,” imbuhnya.

Penciptaan Rekor Muri Login Kartu Akses KSEI melibatkan 3000 investor dari FAC Sekuritas yang terdiri dari 1500 investor baru dan 1500 investor lama. Capaian itulah yang diapresiasi sebagai Rekor MURI, karena merupakan yang pertama kali diadakan di Indonesia.

Sertifikan MURI diserahkan oleh Manager MURI cabang Semarang Ariyani Siregar, SE kepada Rektor UMY Dr Gunawan Budiyanto, MP, Direktur KSEI Syafruddin, Direktur Keuangan dan SDM BEI Rissa Effennita Rustam, dan Direktur Operasional FAC Amrin Tarigan. Turut hadir dalam acara tersebut Asisten Prekonomian dan Pembangunan DIY Budi Wibowo. Di akhir acara digelar konser yang dimeriahkan oleh musisi Rizky Febian dan band Letto.(Riz)

Shares
aplikasi_suara_muhammadiyah

Tambah Komentar

Klik disini untuk memberikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • web-ad_kld-2019.jpeg
  • webad_pasang-iklan.gif
  • WebAds_deamilela_thumb.jpeg
  • SS-web1.jpg