Berita

JK: Semangat Belajar Syarat Mutlak Memajukan Bangsa

Sambutan Wapres JK Pembukaan Muktamar XVII Pemuda Muhammadiyah (Dok BHP UMY)
Sambutan Wapres JK Pembukaan Muktamar XVII Pemuda Muhammadiyah (Dok BHP UMY)

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah– Dalam sambutanya pada pembukaan Muktamar Pemuda Muhammadiyah XVII, Wakil Presiden RI HM Jusuf Kalla (JK) menyampaikan apresiasi atas dipilihnya tema Menggembirakan Dakwah Islam, Memajukan Indonesia. menurutnya tema itu sangat menarik. “Dakwah dan bangsa itu tema yang menarik, sebab tujuan dari beragama dan bernegara adalah mewujudkan keadilan dan kemakmuran,” ucapnya.

Indonesia sendiri, sambungnya, merupakan negara dengan penduduk mayoritas muslim. Tapi dakwah yang ditampilkan selalu bisa menyesuiakan dengan keadaan dan menggemberikan. “Sebab itu mungkin Islam di Indonesia tidak bergambar pedang dan berbeda dengan Islam di Timur Tengah yang menggunakan gambar pedang. Itu artinya dakwah Islam di Indonesia lebih kultural,” terang JK.

Semangat dakwah atau semangat beragama di Indonesia, menurut JK, itu makin hari makin bertambah. Lihat saja, katanya, maraknya pembangunan masjid dan musalla, berbondong-bondongnya orang antri pergi haji hingga puluhan tahun, serta padatnya masjid ketika shalat tarawih di bulan Ramadhan. Semua itu menunjukan semangat beragama yang baik. “Hanya satu yang bisa dikatakan masih gagal, yaitu semangat zakat. Padahal zakat dapat menopang seluruh aktivitas dakwah,” ungkapnya.

Memang dakwah merupakan kewajiban bersama, namun JK mengingatkan, semangat berdakwah dan semangat berorganisasi itu juga harus diimbangi dengan semangat membaca dan semangat belajar. “Itu syarat mutlak untuk memajukan bangsa,” tegasnya.

“Sekarang adalah era kompetisi global. Ilmu pengetahuan adalah modal besar untuk mengikuti persaingan itu,” pesan JK. (gsh).

Tambah Komentar

Klik disini untuk memberikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *