32 C
Yogyakarta
Senin, Juli 13, 2020

Siswa SD Muhammadiyah Bayan Purworejo Antusias Ikuti Market Day

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

Kemenag: Tidak Ada Agenda Penghapusan Bahasa Arab dan PAI Di Madrasah

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama A Umar memastikan tidak ada penghapusan mata pelajaran...

AS Berikan Sanksi pada Anggota Partai Komunis China terkait Penahanan Muslim Uighur

Suara Muhammadiyah – Amerika Serikat pada Kamis (9/7) telah memberlakukan sanksi terhadap salah seorang politisi China, Chen Quangguo, beserta tiga pejabat senior...

Disambut Haru Keluarga, UMY Umumkan Penerima Beasiswa Dokter Muhammadiyah

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali mengumumkan penerima Beasiswa Dokter Muhammadiyah. Pengumuman disampaikan Rektor UMY Dr Gunawan Budiyanto, MP...

Spirit Baru Suara ‘Aisyiyah

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam rentang perjalanan yang sangat panjang Aisyiyah bersama Suara Aisyiyah telah menunjukkan jati dirinya sebagai gerakan perempuan Islam...

Idul Adha ala Muhammadiyah di Masa Pandemi Covid-19

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah-Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengadakan Pengajian Umum via Zoom bertema “Idul Adha di Masa Pandemi Covid-19” pada 10 Juli 2020. Pengajian...
- Advertisement -

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah – Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah Bayan Purworejo dalam rangka menumbuhkan jiwa enterpreneur sejak dini bagi siswa-sisiwinya mengadakan agenda Market Day di Halaman Komplek Perguruan Muhammadiyah Bayan dengan diikuti oleh seluruh siswa, Rabu (12/12).

Kepala Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah Bayan Purworejo Amad Darusman mengungkapkan bahwa market day ini merupakan kegiatan pembelajaran langsung terkait jual beli barang dagangan sebagai upaya tumbuhkan jiwa enterpreneur atau wirausaha.

“Agenda pasca penilaian akhir semester 1 kali ini diawali dengan jalan sehat di sekitaran lingkungan sekolah guna merefresh kesehatan fisik dan pikiran. Dilanjutkan dengan Market Day dimana siswa-siswi dengan dibantu wali siswa mempersiapkan hingga menjajakan barang dagangan kepada sesama teman, guru, karyawan dan masyarakat sekitar sekolah, yang dengannya diharapkan dapat menumbuhkan jiwa enterpreneur atau wirausaha siswa-siswi sejak dini,”ujar Amad Darusman.

Antusias dan partisipasi wali siswa sangat mendukung berjalan agenda ini semenjak persiapan hingga akhir agenda. Beberapa barang dagangan yang dipasarkan dalam agenda market day seperti berbagai macam roti, kue, martabak, jajanan tradisional, minuman, gorengan, bebakaran, keripik, kerupuk, es dan masih banyak lagi yang merupakan hasil produk wali siswa sendiri.

Salah satu wali siswa kelas 3 Asyifah  menyampaikan agenda ini bagus melatih anak-anak jadi mengetahui dan mengal tukar menukar uang, jual beli yang diharapkannya menjadi lebih paham terkait nilai tukar mata uang.

“Mudah-mudahan ke depan bisa berkelanjutan guna bisa jadi ajang pemasaran produk bagi wali siswa dengan barang dagangan yang dijual adalah hasil produk wali siswa itu sendiri. Sehingga bisa berpengaruh pada perekonomian keluarga pada skala kecil,” jelas Amad Darusman.

Turut hadir Tukimin selaku Koordinator Pelayanan Pendidikan Wilayah Kecamatan Bayan menyambut baik dan memberikan apresiasi positifnya yang mengharapkan agenda dapat jadi media dan sumber belajar.

“Kami menyambut baik, kegiatan SD Kreatif Muhammadiyah Bayan benar-benar kreatif. Kegiatan ini adalah salah satu bentuk implementasi pembelajaran bagi anak-anak. Maka ke depan bisa dieksplo dikembangkan baik kuantitas kualitas kegiatan ini sehingga benar-benar menjadi media belajar dan sumber belajar bagi anak-anak,” ungkap Tukimin.

Dari sekian banyak stand Market day akan ada pemilihan terbaik dalam 4 kategori stand yakni daya beli, pelayanan, pemasaran dan penataan stand. Dimana dewan juri penilainya dari guru karyawan SMP Muhammadiyah Jono Bayan dan PAUD Terpadu Aisyiyah Jono Bayan. Adapun pemberian penghargaannya akan disampaikan pada momen family gathering sekolah beberapa bulan ke depan. (Akhmad Musdani)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

More articles