Berita

Ta’awun Muhammadiyah untuk Suku Kokoda Papua Barat

Haedar Nashir dan Kepala Kampung Wormon Kokoda Syamsuddin Namugur (Dok Unimuda)
Haedar Nashir dan Kepala Kampung Wormon Kokoda Syamsuddin Namugur (Dok Unimuda)
Shares

SORONG, Suara Muhammadiyah – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir menyerahkan sertifikat tanah hibah Muhammadiyah untuk Suku Kokoda di Kampung Warmon, Distrik Mayamuk, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Sabtu (12/1). Selain itu Haedar juga meresmikan Rumah Baca Mahardika Kokoda sebagai bentuk Ta’awun untuk Negeri yang diangkat oleh Muhammadiyah.

“Dengan semangat tolong menolong, saling berbagi, saling berkerjasama, dan sama-sama meraih berkah bersama. Lewat usaha-usaha pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mungkin belum seberapa, tetapi semangat kami membangun kampung Kokoda akan terus kami lakukan,” ungkap Haedar dikutip dari laman PP Muhammadiyah.

Turut hadir Ketua Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah Siti Noordjannah Djohantini, Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Gunawan Budiyanto, Wakil Bupati Sorong Suka Hajono, dan Ketua Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) PP Muhammadiyah M Nurul Yamin.

Pendirian rumah baca tersebut merupakan inisiatif mahasiswa Kuliah Kerja Nyata UMY di Kampung Wormon Kokoda. Dibantu berbagai pihak diantaranya MPM PP Muhammadiyah dan Bank Syariah Mandiri.

Haedar berharap generasi muda Kokoda dapat memupuk semangat iqra serta semangat mencari ilmu dan berbagi ilmu untuk saling mencerahkan, memajukan, dan memperjuangkan kesejahteraan.

Sementara itu, Rektor UMY Gunawan Budiyanto menyampaikan bahwa Rumah Baca Mahardika Kokoda merupakan salah satu yang dibangun UMY di daerah terdepan, tertinggal, dan terpencil (3T). Menurutnya, rumah baca tersebut akan digunakan juga untuk kegiatan belajar masyarakat dan aktivitas Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA).

Dalam kesempatan itu Haedar juga melakukan peletakan pertama ruang kelas SD Labschool Muhammadiyah Kokoda, penyerahan kunci rumah bagi warga Kokoda dan Joglo Rembuk Adat.

“Hadirnya pendidikan dasar mulai TK Aisyiyah dan Sekolah Dasar di Kampung Kokoda menjadi pelopor dan terus dirintis agar menghasilkan generasi yang rajin belajar dan membaca,” kata Haedar.

“InsyaAllah rumah baca ini akan menjadi tonggak dan sudut kebudayaan yang akan membawa kemajuan peradaban masyarakat Kokoda,” pungkasnya.(ppmuh/riz)

Baca juga

Dakwah Pemberdayaan Suku Kokoda Bagian dari Pengamalan Islam Rahmatan Lil ‘Alamin

Makalah Ketum PP Muhammadiyah dalam Forum Pemuka Agama Dunia di Italia

MLH dan UM Palangkaraya Latih Budidaya Jamur dan Lebah untuk Masyarakat Suku Dayak non-Muslim

Shares
aplikasi_suara_muhammadiyah

Tambah Komentar

Klik disini untuk memberikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *