Mahasiswa PGSD UM Purworejo Siap Jadi Pandu HW

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

UMS Kembali Menjadi Kampus Swasta Terbaik di Indonesia

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali menjadi perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia. Berdasarkan lembaga perangkingan perguruan tinggi internasional,...

UMY Kampus Swasta Terbaik DIY

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali berhasil menempati peringkat pertama sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Terbaik se-Daerah Istimewa Yogyakarta.

Keputusan Menteri Agama Tidak Memberangkatkan Jamaah Haji Indonesia Tahun 2020

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Tahun 2020 ini tidak akan ada pemberangkatan jamaah haji dari Indonesia. Hal ini telah diputuskan oleh pemerintah melalui...

Siswi SMK Ahmad Dahlan Pinrang Juara Kultum Provinsi Sulsel

PINRANG, Suara Muhammadiyah - SMK Ahmad Dahlan (AD) Muhammadiyah Pinrang sukses mengakat nama baik Pinrang di tingkat provinsi. Dalam...

Gelar Silaturrahmi Idul Fitri, Pimpinan UHAMKA Optimis Hadapi Covid-19

JAKARTA, Suara Muhammadiyah-Civitas akademika Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka melaksanakan silaturrahmi Idul Fitri 1441 H. Dalam acara yang dilaksanakan secara daring ini,...
- Advertisement -

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah – Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purworejo (PGSD UMP) mempersiapkan mahasiswanya siap menjadi kader serta pelatih kepanduan Hizbul Wathan yang berkarakter Islami, profesional dan melahirkan generasi yang berkemajuan. Untuk itulah digelar Pelatihan Jaya Melati 1 Angkatan ke 2 di Komplek Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP), Jumat-Ahad (11-13/1). Disampaikan Nur Ngazizah Ketua panitia pelaksana bahwasanya agenda pelatihan ini telah dilaksanakan untuk kedua kalinya dimana merupakan salah satu materi wajib bagi mahasiswa PGSD UMP.

“Kepanduan dasar adalah materi wajib yang harus ditempuh setiap mahasiswa program studi ini dimana dalam kurikulum. Dari kurikulum yang ada dipilihnya Hizbul Wathan (HW) kami pilih sesuai dengan lembaga persyarikatan Muhammadiyah. Sehingga kepanduan ini yang dikembangkan. Kelak siap menjadi pelatih Hizbul Wathan yang mempunyai karakter Islami profesional dan mampu memunculkan generasi yang berkemajuan,”ungkap Nur Ngazizah.

Lanjutnya, peserta hari ini masih menjadi mahasiswa ke depan adalah calon pendidik sekolah dasar melalui pelatihan ini akan didapatkan bekal proses pendidikan pelatihan dan kompetensi dan akhlaq mulianya. “Tidak hanya sekedar menjadi pemenuhan kewajiban mata kuliah saja, dengan bekal yang didapatkan melalui proses pendidikan pelatihan dan kompetensi serta kahlaq mulia dapat melahirkan kader-kader untuk bangsa, persyarikatan dan masyarakat,”ujarnya.

Pelatihan yang mengangkat tema Mencetak Pelatih Berkarakter Islami dan Profesional Untuk Mewujudkan Generasi Berkemajuan ini diikuti oleh kurang 160 orang mahasiswa PGSD UMP. pembahasan materi disampaikan secara langsung dibawah bimbingan instruktur kepanduan Kwartil Wilayah Hizbul Wathan Jawa Tengah dalam bentuk teori maupun prkatek secara langsung.

Agenda turut dihadiri oleh perwakilan Kapolres Purworejo, Kodim Purworejo, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Purworejo, perwakilan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Kwartil Daerah HW Kabupaten Purworejo dan tamu undangan lainnya serta kader Hizbul Wathan UMP.

Diyah Ayu selaku perwakilan Kapolres Kabupaten Purworejo menyampaikan apresiasi Kapolres dimana mengapresiasi dan antusias dengan pelatihan yang diselenggarakan ini.

“Polres sangat antusias dengan kegiatan HW ini dimana merupakan kepanduannya Muhammadiyah. Mereka sangat semangat dan mudah-mudahan terus berkelanjutan. Oleh karena sebagai generasi penerus bangsa mereka harus bisa turut serta dalam membangun masyarakat dan dirinya sendiri agar lebih maju dan modern melalui pelatihan semacam ini,”ungkap Diyah Ayu.

Agenda ini merupakan tindak lanjut kerja sama antara PGSD UMP melalui FKIP UMP dengan Kwartil Wilayah HW Jawa Tengah berupa penyelenggaraan Pelatihan Jaya Melati dan adapun tindak lanjut kerjasama bersama Kwartil Daerah HW Kabupaten Purworejo berupa penerjunan peserta pasca pelatihan ke beberapa sekolah di bawah naungan Kwartil Daerah HW Kabupaten Purworejo, bahkan hingga di sekolah luar Kabupaten Purworejo seperti Wonosobo, Kebumen, Magelang dan lainnya. (Akhmad Musdani)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

More articles

- Advertisement -