Dok UMM
Dok UMM
Berita

Atlet Karate UMM Siap Berlaga di Italia

MALANG, Suara Muhammadiyah – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) akan berlaga dalam ajang International Cup 2019 yang diadakan Shotokan Karate-Do International Federation (SKIF) di Italia. Adalah Shofiyah Nur Yustina yang akan menjadi salah satu delegasi Indonesia dalam ajang Karate bergengsi tingkat dunia pada 24 Januari 2019.

Mahasiswa Prodi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang akrab disapa Shofi ini menceritakan proses latihannya menjelang perhelatan diikuti 12 negara ini. Dalam masa persiapan, waktu menjadi tantangan tersendiri baginya, karena juga dibarengi dengan pelaksanaan ujian akhir semester (UAS).

Sebelumnya, saat duduk di bangku kelas 3 SMA, Shofi pernah mengikuti kompetisi ini. Namun saat itu usianya baru 17 tahun. Shofi bertanding di kelas Junior. “Sekarang persiapannya lebih berat karena saya sekaran masuk ke kelas senior. Jadi lawannya adalah atlet-atlet nasional masing-masing negara,” ungkapnya.

Selama tiga bulan, secara intens Shofi berlatih menaikkan grade dan teknik-teknik karatenya. Belanda, Jepang dan tentu saja tuan rumah Italia bakal jadi lawan terberatnya. Ketika ditanyai tentang kematangan persiapan dirinya, Shofi menjawab sudah siap seratus persen. “Haqqul Yaqin insyallah, harus menang,” ungkapnya.

Menurut Shofi, setiap proses harus dinikmati. Tidak hanya di karate, apapun kegiatannya. Shofi berharap, segala persiapan yang telah ia lakukan dapat mendapatkan hasil terbaik. Juga dapat membawa nama Indonesia dan UMM harum di kancah internasional. Shofi sampai harus menjalani pemusatan latihan (training center).

Frendy Aru Fantiro, M.Pd, Pembina Karate Inkado UMM membagi singkat proses latihan Shofi. “Sebelum berangkat, Shofi masuk ke training center. Disana akan dilatih bersama seluruh para delegasi,” jelas Frendy, Pembina UKM Karate UMM yang merupakan dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ini. (Humas UMM)

Tambah Komentar

Klik disini untuk memberikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *