Kunjungan SDIT Muhammadiyah al Kautsar Gumpang (Dok Jatmiko/SM)
Kunjungan SDIT Muhammadiyah al Kautsar Gumpang (Dok Jatmiko/SM)
Berita

Pengelolaan BUMS SD Muh 1 Ketelan Jadi Rujukan

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah– SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta menerima kunjungan SDIT Muhammadiyah al Kautsar Gumpang Kartasura Sukoharjo, Senin (21/1). Kunjungan dimaksudkan untuk belajar Badan Usaha Milik Sekolah (BUM’s) kepada Sekolah Dasar Swasta Rujukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan itu menjelang Hari Gizi dan Makanan tanggal 25 Januari 2019.

Waka sarpras dan praktisi pendidikan al Kautsar Mulyadi menggatakan, BUMS SDM 1 Ketelan sudah berjalan lancar. “Nah kita bersama tim akan belajar manajemen BUMS, pelayanan yang luar biasa dan familiar,” kata Mulyadi.

Menurutnya juga BUM’s SD Muhammadiyah 1 Ketelan telah berkembang dengan baik. “Faktanya mampu melayani sebanyak 813 peserta didik, didukung mesin fotocopy, ATK, kebutuhan kantin sehat, cleaning service, dapur sehat, dan antar jemput ,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 1 Ketelan Sri Sayekti mengatakan kepengurusan BUM’S di bawah Waka Sarpras yang mendapat SK dari kepala sekolah.

“Dengan adanya BUM’s, sekolah bisa memberi gaji tambahan ke-14, beras sebanyak 5 kg, sarapan pagi dan santap siang, mengelola toko yang menjual Alat tulis dan ketrampilan (ATK), sembako, foto copy, kantin sehat (makanan jadi, tidak ada yang produksi pabrik), antar jemput dan mengelola cleaning service atau tenaga harian lepas,” ujar Yekti.

Yekti lalu mengajak Kepala Sekolah al Kautsar Heru Nugroho berkeliling BUM’S, kantin sehat, dapur sehat dan memberi pesan bahwa sekolah yang maju adalah warga sekolahnya siap diajak rekoso (bersusah payah) dan tahu visi misi sekolah.

“Pengembangan sekolah dalam rangka mensejahterakan warga sekolah perlu diperkuat adanya pakta integritas, dan beres, kompak ditingkat pimpinan sekolah serta didukung sosialisasi yang baik dari upaya sekolah dengan komitmen, kejujujuran, rasa tanggung jawab, integritas dan kepercayaan,” ungkap Yekti. (Jatmiko)

Tambah Komentar

Klik disini untuk memberikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *