Terobosan Es Krim dari Ubi Jalar

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

Haedar Nashir: Dalam Tubuh TNI-Polri Ada Jiwa Muhammadiyah

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr Haedar Nashir, MSi turut menhadiri silaturahim secara virtual bersama jajaran pejabat...

Memahami Pandemi Corona dengan Jurnalisme Data

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Segala hal terkait Pandemi Covid-19 menjadi suguhan setiap hari khalayak. Informasi yang bertebaran menyuguhkan ketidakpastian bagi pembacanya. Maka...

Muhammadiyah Perbolehkan Shalat Jum’at dengan Syarat

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Melihat terus terjadinya fluktuasi kasus Covid-19 di Tanah Air, Pimpinan Pusat Muhammadiyah melalui MCCC kembali mengeluarkan tuntunan dan...

Pembukaan Kembali Masjid, Takmir Perlu Keputusan Rasional Bukan Emosional

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Pusat Muhammadiyah menegaskan untuk tetap menjalankan protokol kesehatan dalam hal pencegahan Covid-19 meski diperbolehkan untuk melaksanakan sholat...

Muhammadiyah dan Satgas Lawan Covid -19 DPR Sepakat Memberdayakan UMKM

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Pusat Muhammadiyah menerima kunjungan Satuan Tugas (Satgas) Lawan Covid-19 DPR RI, dibawah komando Sufmi Dasco Ahmad. Rombongan...
- Advertisement -

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah – Fakuktas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menggagas terobosan es krim yang terbuat dari ubi jalar. Memang terdengar agak aneh, jika biasanya es krim memakai tepung maizena, es Krim Patatas menggantinya dengan tepung ubi jalar.

Dekan Fakultas Pertanian UMP, Bambang Nugroho mengatakan es krim yang diberi nama Patatas ini, diolah dengan penuh cinta dari mahasiswa Fakultas Pertanian UMP. Apalagi, dengan digantinya tepung maizena dengan tepung ubi jalar, membuat es krim Patatas memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.

Kandungan serat yang tinggi ini merupakan pertimbangan awal dikembangkannya es krim ini, karena terutama pada anak-anak sering kekurangan serat dalam menu makanannya karena sumber serat yang banyak dan mudah adalah dari sayur-sayuran, sedangkan mereka banyak yang tidak mau mengkonsumsi sayur-sayuran.

“Selain itu, kandungan gizi antioksidannya juga sangat tinggi, dengan warna ungu alami yang membuatnya nampak menawan,” kata Bambang.

Ubi jalar mengandung antioksidan unik alami, uakmi antosianin. Yang merupakan senyawa polifenol yang tidak hanya memiliki kapasitas antioksidan saja. Tapi juga antiinflamasi dan relaksasi pembuluh darah. “Antosianin sangat baik untuk kesehatan saluran cerna. Juga sebgai antimutagenik dan antikarsinogenik yang dapat mencegah gangguan pada fungsi hati, serta bersifat antuhipertensi dan antihiperglikemik.

Ia mengatakan, ubi jalar ini mengandung karbohidrat kompleks serta indeks glikemik yang rendah. Kekayaan akam serat ini sangat baik untuk saluran cerna yabg sehat. Bahkan, juga berpotensi mencegah berbagai penyakit degeneratif seperti diabetes dan obesitas.

“Karbohidrat kompleks juga akan menyeral kelebihan lemak dsn kolesterol serta mencegah sembelit. Selain itu, ubi jalar juga mengandung vitamin A, B, C, zat besi dan kalsium yang tentu sangat diperlukam tubuh manusia,” katanya.

Soal rasa, es krim Patatas ini memiliki rasa yang unik. Ada cita rasa khas dalam setiap cup es krimnya. Manis segar dan begitu lembut di lidah. Dengan rasa ubi yang masih sedikit terasa. Apalagi, es krim Patatas ini dibuat dengan bahan alami semuanya, tanpa pewarna dan pengawet buatan.

Penasaran? Es Krim Patatas ini bisa Anda nimati dengan membeli di Warung Organik Fakultas Pertanian UMP. Dengan minimal order 20 cup es krim mini atau satu cup es krim ukuran besar. Pemesanan bisa dilakukan melalui telepon ke 081225301792. (tgr)

Baca juga

Inovasi Siswa SMK Musaba Sulap Kulit Kacang Hijau Jadi Cookies Kaya Gizi

KKN UMP Sosialisasi Pembuatan Yoghurt

Kader IMM Ini Manfaatkan Limbah Kulit Kakao Menjadi Obat Bronkitis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

More articles

- Advertisement -