smamda
Berita

Mengenalkan Sastra Sejak Sekolah Dasar

Pelatihan Menulis Cerpen (Dok SD Muh Metro)
Pelatihan Menulis Cerpen (Dok SD Muh Metro)

METRO, Suara Muhammadiyah – SD Muhammadiyah Metro Lampung menyelenggarakan pelatihan menulis Cerita Pendek siswa yang diikuti oleh 62 siswa dari kelas 2 sampai kelas 5. Pelatihan ini diselengarakan selama dua hari di Aula Kampus 2 SD Muhammadiyah Metro, Sabtu – Ahad (6 – 7/4).

Kegiatan ini bertujuan menumbuhkan kemampuan anak sejak dini mengenal sastra melalui menulis cerpen, sekaligus sebagai implementasi dari gerakan literasi di sekolah. Sebagai pemateri dalam pelatihan ini adalah Yoga Pratama Cerpenis Lampung yang telah banyak melahirkan karya buku Cerpen.

“Anak-anak mempunyai kemampuan dan imajinasi yang luar biasa, jika sebagai tenaga pendidik mampu untuk membimbing dan mendorong menulis, maka akan melahirkan karya yang luar biasa,” ungkap Siti Fatonah, MPd selaku ketua panitia.

“Sebenarnya menulis tidak ada batasan usia, semakin dini anak bisa menulis semakin baik. Harapannya kelak  akan lahir para penulis-penulis yang hebat,” imbuhnya.

Dalam kata sambutannya, Ihwan, SAg selaku Kepala SD Muhammadiyah Metro menyampaikan bahwa sekolahnya akan selalu concern dalam menumbuh suburkan gerakan literasi sekolah melalui pelatihan menulis cerpen, puisi, syair dan pantun. Hal ini amat penting juga dalam rangka mengenalkan siswa terhadap sastra Indonesia sejak usia sekolah dasar.

Dari tulisan cerpen ini, akan dijadikan buku antologi/kumpulan Cerita Pendek (Cerpen). Rencana akan dilauching pada acara pelepasan siswa kelas VI SD Muhammadiyahb Metro.

Sebagai sekolah rujukan, SD Muhammadiyah juga melibatkan Sekolah/Madrasah yang berminat dalam pelatihan tersebut. Beberapa sekolah/Madrasah yang mengikut sertakan siswanya antara lain,  MIN 1 Metro, MIM Toto Projo lampung  timur, MIM Tangkit Batu lampung selatan dan dari SD Muhammadiyah Pringsewu. (Imam Sapi’i)

Tambah Komentar

Klik disini untuk memberikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *