Berita

UMSU Wisuda 2.283 Magister, Dokter, Sarjana, dan Ahli Madya

Dok Saiful Hadi/SM
Dok Saiful Hadi/SM

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) mewisuda 2.283 Magister, Dokter, Sarjana dan Ahli Madya untuk Periode I Tahun 2019. Para wisudawan diantaranya, sejumlah perwira tinggi dan menengah Polri, termasuk staf ahli Kapolri merasa bangga karena UMSU telah terakreditasi “A”.

Wisuda dilaksanakan dua gelombang di Selecta Convention Hall Medan, Jalan Listrik Medan (23-24 April 2019). Para perwira tinggi dan menengah Polri yang ikut dalam barisan wisudawan yakni, Brigjen Pol.Drs Wahab Saroni (Staf Ahli Kapolri Bidang Sosial Budaya, Brigjen Pol Drs Anfi Loedinto (BNN RI), Kombes Pol Drs Syamsudin Kubis (Lemdikpol Mabes Polri), Kombes Pol Drs Ery Susanto (Akpol RI), Kombes Pol. Yofie Girianto (Kabid Propam Polda Sumut).

Pada hari pertama wisuda hadir Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Prof Dr Lincolin Arsyad, Ketua PW Muhammadiyah Sumut Prof Dr HasyimSyah Nasution MA, Ketua PW ‘Aisyiyah Sumut Hj Elyanita, Jajaran Badan Pembina Harian (BPH) UMSU, Pimpinan Ortom Muhammadiyah Tingkat Wilayah, Direktur RS Muhammadiyah Medan dr Muhammad Reza, Pengurus lembaga Kemahasiswaan Se-UMSU dan sejumlah Pimpinan Mitra UMSU.

“Atas nama pribadi dan seluruh keluarga besar civitas akademika UMSU, kami ucapkan selamat kepada wisudawan beserta orang tua dan keluarga wisudawan atas keberhasilan putra-putri bapak dan ibu menyelesaikan studi di UMSU,” ujar Rektor UMSU Dr Agussani MAP mengawali sambutannya.

Atas dukungan semua pihak dan seluruh civitas akademika UMSU kepercayaan masyarakat dan pemerintah kepada UMSU terus meningkat. “Dan kami berkomitmen akan terus menjaga kepercayaan tersebut dengan baik,” katanya.

Wisudawan - wisudawati UMSU 2019 (Dok Saiful H/SM)
Wisudawan – wisudawati UMSU 2019 (Dok Saiful H/SM)

Kemudian Agussani menuturkan, Alhamdulillah pada tanggal 19 Maret 2019 kepercayaan Pemerintah republik Indonesia melalui Badan Akreditasi perguruan Tinggi (BAN-PT) telah memberikan kepada UMSU untuk diberikan predikat Akreditasi A di Sumatera Utara.

Dikatakannya, dari 4600 PTN dan PTS di Indonesia, sekarang ini baru 98 yang terakreditasi A, dan UMSU adalah satu diantaranya.

Dengan perolehan itu, maka UMSU menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Sumatera yang meraih Akreditasi A. “Sedangkan di luar pulau Jawa, UMSU adalah PTS kedua yang berhasil meraih akreditasi A, setelah UMI (Universitas Muslim Indonesia-red) Makassar,”sebutnya.

Agussani juga bersyukur karena 9 prodi di UMSU telah terakreditasi A. Ini merupakan sumbangan terbanyak di wilayah LLDIKTI wilayah I dan KOPERTAIS Wilayah IX Sumut.

Saat ini UMSU sedang mengusulkan 13 Prodi untuk diakreditasi oleh BAN PT. Mohon do’a kita semua, kiranya UMSU bisa menambah prestasi akreditasi prodi yang berpredikat A, sehingga target 50 persen prodi di UMSU telah terakreditasi A

“Mudah-mudahan segala capaain UMSU ini membawa keberkahan bagi seluruh civitas akadeka UMSU, terutama kepada lulusan UMSU yang di wisuda hari ini.

Dalam upaya meningkatkan daya saing internasional UMSU terus melakukan ikhtiar kerjasama luar negeri sebagai upaya peningkatan kualitas dosen dan mahasiswa. “Bagaimanapun kedepan internasionalisasi perguruan tinggi itu mutlak dilaksanakan,” tegasnya.

Selanjutnya, sebagai Perguruan Tinggi milik persyarikatan Muhammadiyah, UMSU memiliki target untuk melahirkan lululasan yang berkompeten, yang siap menghadapi persaingan dunia kerja yang terus berkembang dan kompetitif.

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, keahlian kerja dan kemampuan berpartisipasi serta pola pikir yang dinamis menjadi tantangan bagi lulusan UMSU. Kedepan, kuantitas bukan lagi jadi indikator yang utama bagi ssebuah perguruan tinggi dalam mencapai kesuksesan. Yang jadi ukuran nantinya adalah kualitas lulusan, telebih dihadapakan dengan tantangan revolusi industri 4.0, dimana SDM yang berkualitas dan inovatif adalah faktor yang sangat menentukan.

“Makanya UMSU memandan rekonstruksi kurikulum yang responsif terhadap tuntutan perkembangan zaman sangatlah penting dan mutlak dilakukan. Untuk menjawab semua tantangan itu, UMSU berkomitmen akan terus berbenah meningkat. (Syaiful/Riz)

Menandai

Tambah Komentar

Klik disini untuk memberikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *