Raih Beasiswa UMP untuk Kader dan Hafiz Quran

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

Langkah Strategis MCCC Kalsel, Bantu Masyarakat hingga Tenaga Medis

BANJARMASIN, Suara Muhammadiyah - Muhammadiyah Covid-19 Comand Center (MCCC) Kalimantan Selatan telah jalankan beberapa program di beberapa daerah di Kalimantan Selatan, sejak...

Jenazah Covid-19 Harus Diterima dan Diperlakukan dengan Baik

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pasien yang meninggal akibat Covid-19 harus diperlakukan dengan penghormatan yang baik. Menurut Putusan Tarjih Pimpinan Pusat Muhammadiyah, pasien Covid-19 yang...

Menumbuhkan Semangat Berbagi di Tengah Wabah

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka membantu masyarakat yang terdampak virus Corona, Suara Muhammadiyah menyelenggarakan kegiatan berbagi sembako. Kegiatan ini ditunjukkan...

Bantu Pemerintah, Muhammadiyah Pinrang Bentuk Tim MCCC

PINRANG, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Pinrang membentuk tim Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC). Tim tersebut dibentuk dalam rangka...

Ikhtiar 35 Rumah Sakit Muhammadiyah – ‘Aisyiyah Rawat Pasien Covid-19

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Setelah hampir satu bulan melaksanakan tugas penunjukan Rumah Sakit Muhammadiyah dan Aisyiyah (RSMA) tempat perawatan pasien Covid-19, secara...
- Advertisement -

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah – Berbagai macam beasiswa diberikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) kepada para calon mahasiswa barunya. Rektor UMP, Dr Anjar Nugroho, menyebutkan seluruhnya ada delapan program beasiswa yang diberikan.

Dari sekian banyak program beasiswa yang bisa diperoleh mahasiswa UMP, diantaranya adalah beasiswa yang diberikan pada kader Muhammadiyah dan penghapal Alquran atau hafiz Quran. ”Mereka kader Muhammadiyah dan para Hafiz Quran atau yang hapal Alquran 30 juz, bisa mengikuti program beasiswa yang ada di UMP,” ungkap Anjar, Selasa (7/5).

Ia menyebutkan, pemberian beasiswa kader Muhammadiyah dan hafiz Quran bertujuan untuk memotivasi generasi-generasi muda Islam untuk tetap mencintai Alquran dan memberikan apreiasi kepada mereka yang aktif di persyarikatan Muhammadiyah.

”Melalui cara ini, UMP ingin memberikan penghargaan bagi generasi muda yang menjadi penghapal Alquran dan yang aktif di persyarikatan Muhammadiyah,” jelasnya.

Beasiswa kader, lanjut Rektor, akan mendapatkan potongan sebesar 50 persen, sementara bagi hafiz Quran dibebaskan dari seluruh biaya kuliah dan jaminan hidup selama kuliah di UMP.

Menurutnya, program beasiswa tersebut diberikan pada calon mahasiswa sejak awal masuk kuliah. Sejak mendaftar sebagai calon mahasiswa di UMP, calon mahasiswa bersangkutan bisa mendaftar melalui jalur hafiz Quran.

”Dengan demikian, ujian seleksi yang dilakukan tidak hanya selesai akademik saja. Tapi juga tes mengenai hapalan Quran, dan keatifan di Persyarikatan Muhammadiyah,” katanya.

Bila benar-benar lolos tes hapal Quran dan aktif di persyarikatan muhammadiyah, maka yang bersangkutan otomatis akan mendapat beasiswa tersebut.

8 Program Beasiswa tersedia di UMP

Sementara itu, Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) UMP telah menyelenggarakan kegiatan wawancara  bagi calon mahasiswa baru yang mendaftar melalui Jalur Beasiswa Gelombang I di ruang sidang Lt.2 Kantor Pusat UMP, Sabtu (4/5) kemarin.

Beasiswa tersebut meliputi beasiswa  Kader Muhammadiyah, Hafidz Al-Qur’an, Prestasi (akademik & non akademik), Fakir Miskin, dan Anak Yatim. Adapun calon mahasiswa yang mengikuti seleksi hari ini berjumlah 15 peserta.

Kepala PPMB UMP Anis Shofiani, SP MP menyampaikan seleksi wawancara pada hari di laksanakan serentak untuk semua kategori beasiswa, diawali dengan tes bahasa arab, baca tulis Al-Qur’an, Kemuhammadiyahan, kepribadian, dan wawancara berkaitan dengan komitmen prestasi yang akan mahasiswa pertahankan selama perkuliahan.

Lebih lanjut Anis menjelaskan bahwa dengan adanya wawancara ini para calon mahasiswa dari sisi akademik dapat mengembangkan kembali kemampuannya agar lebih baik, disisi lain prestasi yang sudah mereka raih selama ini dapat dikembangkan lagi dengan berbagai fasilitas yang ada di UMP.

“Setelah wawancara ini, kami bersama pimpinan akan mendiskusikan kelayakan hasil ujian mereka apakah dinyatakan diterima atau tidak. Kami memberikan kuota beasiswa terbanyak pada kategori beasiswa Kader Muhammadiyah yaitu 50 orang, dan untuk kategori lainnya 30 orang dari Gelombang 1 sampai 3,” urainya.

Anis mengungkapkan, UMP memiliki komitmen untuk mengembangkan pendidikan di semua tingkatan dan menjadikan UMP sebagai wadah untuk menampung dan membina calon-calon mahasiswa generasi muda untuk bisa mengembangkan dirinya serta lebih berprestasi lagi bersama UMP. (ges/tgr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

More articles