smamda
Berita

Tata Kelola Majelis Diktilitbang Kini Bersertifikat ISO 9001:2015

Sertifikat Dikti ISO11 (Dok Istimewa)
Sertifikat Dikti ISO11 (Dok Istimewa)

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) resmi memperoleh sertifikasi International Organization for Standardization (ISO) 9001:2015 sebagai Penyediaan Jasa Layanan Administrasi untuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah.

Sebelumnya, Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah telah melalui beberapa tahap auditor dari Tuv Rheinland bertempat di Kantor Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah.

Sebagai Majelis pertama yang melaksanakan auditor ISO, sekretaris Majelis Diktilitbang Muhammad Sayuti SPd, MPd, MEd mengungkapkan bahwa pencapaian ini merupakan ajang untuk muhasabah diri agar terus dapat melakukan evaluasi terkait perkembangan majelis.

Sayuti mengungkapkan, proses sertifikasi ini memakan waktu satu tahun, dan perjuangan untuk meraih sertifikat standar sistem manajemen mutu ini cukup berat.

“Persiapan dan prosesnya cukup panjang, kami harus secara detail mempersiapkan Standar Operasional Prosedur (SOP), baik yang tercatat dan juga diimplementasikan,” ucap Sayuti, Rabu (8/5).

Menurutnya sertifikasi auditor ini menjadi standar dalam menaungi 169 PTMA di seluruh Indonesia. Dengan adanya Auditor ISO ini diharapkan dapat menjadi motivasi pula bagi majelis di PP Muhammadiyah yang lain khususnya PTMA seluruh Indonesia. (Riz)