smamda
Berita

Tim Mahasiswa UMP Ciptakan Aplikasi Islamic Pregnancy

Tim Mahasiswa Keperawatan (Dok UMP/SM)
Tim Mahasiswa Keperawatan (Dok UMP/SM)

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah – Tim mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) berhasil mengembangkan inovasi untuk kehamilan berbasis islami. Aplikasi yang dinamai dengan Islamic Pregnancy ini dikembangkan oleh mahasiswa Keperawatan S1 Fakultas Kesehatan UMP.

Mereka adalah Zendi Ragil Yunanto, Nanik Sayidatul Fauziyah, Melati Rifa’atul Mahmudah, Mustikaningrum, Rafi Abdul Gani, Rhahma Nur baiti, Diah Setyaningsih, Fiana Lestari, Tiara Egy Rivalda, dan Shelvia Dwi Chandra.

Ketua Tim Zendi Ragil Yunanto mengatakan, pengembangan aplikasi Islamic Pregnancy bertujuan untuk memudahkan ibu hamil yang ingin menjalankan kehamilannya dengan metode islami yang syar’i. Pengguna akan dipandu mulai dari awal kehamilan sampai melahirkan. Aplikasi ini juga dapat mengedukasi bagi ibu hamil agar menambah wawasan dan pengetahuan seputar kehamilan.

“Mungkin selama ini sudah banyak aplikasi tentang kehamilan, tetapi kali ini kelompok kami membuat inovasi baru berupa aplikasi kehamilan berbasis islami yang di dalamnya lebih menekankan pada aspek-aspek islami,” kata Zendi, Senin (13/5).

Menurutnya, plikasi ini sangat mudah dan praktis dalam penggunaannya karena tersedia secara offline dan berbasis android sehingga dapat digunakan kapanpun dan dimanapun.

“Aplikasi ini dapat mempermudah ibu hamil dalam mengontrol kehamilan. Seperti misalnya pada wanita karir yang sangat sibuk dalam pekerjaannya, dengan aplikasi ini maka wanita karir pun akan dapat menjaga kehamilannya dengan mudah,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Zendi menjelaskan aplikasi berisi beberapa macam fitur, diantarannya nutrisi yang halal dan baik bagi ibu hamil, serta takaran yang tepat dalam mengonsumsinya. Ada juga aplikasi olahraga, di aplikasi ini kami menekankan olahraga secara islami yaitu melalui gerakan sholat yang biasa dilakukan sehari-hari.

“Kalau, relaksasi spiritual yang pada aplikasi kehamilan biasanya menggunakan musik klasik maka disini kami membuat relaksasi berupa audio Murrotal Al-Quran serta bacaan dzikir yang sangat bermanfaat bagi ibu dan janin,” ungkapnya.

Kemudian, lanjut Zendi, ada edukasi yang berisi tentang beberapa faktor yang mempengaruhi kehamilan, dan yang terakhir yaitu keluhan dan penanganan yang berisi tentang keluhan yang terjadi pada ibu hamil serta solusi untuk menangani keluhan tersebut.

“Aplikasi ini dibuat kurang lebih satu bulan. Alasan kami membuat aplikasi tentang kehamilan berbasis islami ini, karena kami ingin membuat inovasi baru dan latar belakang kami juga berasal dari universitas yang berbasis islami yaitu Universitas Muhammadiyah Purwokerto,” katanya.

Sementara itu, Dosen Pembimbing sekaligus Wakil Rektor mengaku bersyukur dan mengapresiasi atas inovasinya yang berhasil diciptakan oleh mahasiswa fakultas kesehatan tersebut.

Menurutnya, apa yang dihasilkan Keperawatan S1 UMP itu merupakan sebuah capaian prestasi yang membanggakan.

“Alhamdulillah, selamat untuk ananda Zendi, bersama ke 10 timnya. Semoga mampu terus berprestasi di bidang keperawatan,” katanya.

Dengan keberhasilannya membuat inovasi baru Aplikasi Kehamilan Islami, kata dia, membawa nama harum UMP.

Lebih lanjut Dr Jebul mengatakan UMP memberikan ruang seluas-luasnya kepada mahasiswa untuk mengembangkan diri dalam bidang akademik dan nonakademik sesuai dengan minat dan bakat mahasiswa, terlebih yang berkaitan dengan inovasi berbasis revolusi industri 4.0.

“Siapa pun yang memiliki kemampuan dan peluang untuk menunjukkan potensinya agar dimanfaatkan dengan baik,” pungkasnya.(tgr)

Menandai