30 C
Yogyakarta
Minggu, Juli 5, 2020

Tangis Haru Warnai Pelepasan Siswa dan Wisuda Tahfidz SD Muh 8 Jagalan

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

Desember Diperkirakan Belum Aman Covid-19, Muhammadiyah (Kembali) Putuskan Menunda Muktamar

Yogyakarta, suaramuhammadiyah.id. Empat bulan sudah covid-19 membersamai kita dan sampai hari ini wabah tersebut belum juga menunjukan tanda-tanda akan segera menurun. Melandai...

Haedar Nashir: Masalah RUUHIP Bukan Masalah Umat Islam Vs Pemerintah

Ketua Umum PP Muhamadiyah, Prof Dr H Haedar Nashir, menyampaikan bahwa selama empat bulan masa pandemi yang memprihatinkan ini, Pimpinan Pusat Muhammadiyah...

PusdikHAM Uhamka: RUU HIP Sebaiknya Dihentikan

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pusat Studi dan Pendidikan dan Hak Asasi Manusia (PUSDIKHAM) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka menggelar sebuah Webinar terkait...

Kematian Pangeran Arab Saudi yang Masih Misteri

RIYADH, Suara Muhammadiyah – Pemerintah Arab Saudi mengumumkan bahwa Pangeran Bandar bin Saad bin Mohammad bin Abdulaziz bin Saud bin Fisal Al...

Bimtek IT, Dikdasmen PDM Magelang Mengawal Pembelajaran Online

MAGELANG, Suara Muhammadiyah - Sistem pembelajaran di masa Pandemi Covid-19 membutuhkan adaptasi baik bagi guru maupun siswa. Bagi guru dituntut lebih dalam...
- Advertisement -

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah – SD Muhammadiyah 8 Jagalan Surakarta mengadakan “Pelepasan Siswa Kelas VI & Wisuda Tahfidz Angkatan I” di Gedung Dakwah Muhammadiyah Surakarta, Senin (17/6).

Pelepasan Siswa Kelas VI merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh SD Muhammadiyah 8 Jagalan. Sejumlah 81 siswa dinyatakan lulus dan diwisuda dalam tahun pelajaran 2018/2019 ini.

Beberapa wisudawan berhasil meraih nilai tertinggi pada tiap mata pelajaran USBN 2019 dan memperoleh penghargaan dari sekolah. Salah satu siswi, Dhevina Wahyu, mendapat nilai nyaris sempurna pada mata pelajaran Matematika, yaitu nilai 97.69, sehingga memperoleh penghargaan khusus.

Acara tersebut dihadiri oleh Pimpinan Majelis Dikdasmen PDM Kota Surakarta, Ketua PCM Jebres dan PRM Jagalan, Korwil II Kecamatan Jebres Kota Surakarta, Pengawas PAI Kecamatan Jebres Kota Surakarta, serta Kepala Sekolah se-Gugus V Nakula dan sekolah Muhammadiyah se-Kecamatan Jebres.

Ada hal yang berbeda pada acara pelepasan kali ini. Dua puluh lima siswa-siswi kelas VI dinyatakan lulus hafalan Juz Amma dan diwisuda oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Al-Islam & Kemuhammadiyahan Buchory Wahyu Purnomo.

Setelah menerima piagam tahfidz para wisudawan tahfidz menampilkan murajaah QS.Al-Ghosiyyah dan lagu Hafidz Quran sebagai persembahan istimewa untuk orang tua. Acara dilanjutkan dengan penyematan mahkota untuk orang tua oleh para wisudawan tahfidz, diiringi untaian kata muhasabah yang disampaikan oleh salah satu guru PAI, Istiqomah. Para hadirin, terutama orang tua wisudawan tahfidz tak dapat membendung air mata haru. Seketika suasana di dalam aula Gedung Dakwah Muhammadiyah khidmat.

Wisuda tahfidz juz ke-30 merupakan acara perdana yang digelar oleh SD Muhamammadiyah 8 Jagalan, namun mendapat apresiasi yang luar biasa dari para hadirin terutama Pimpinan Majelis Dikdasmen PDM Kota Surakarta, Trijono.

“Selamat dan sukses untuk SD Muhammadiyah 8 Jagalan Surakarta yang telah melaksanakan tugas dengan baik, acara tersusun dengan rapi dari awal hingga akhir. Saya yakin kalau hasil yang baik pasti diperoleh dari proses yang baik pula, dan semoga mencerminkan kerapian yang ada dalam pelaksanaan kegiatan sehari-hari di sekolah,” tutur Trijono.

Korwil II Kecamatan Jebres Kota Surakarta, Sunaryo, mengucapkan selamat kepada para wisudawan. “Selamat untuk anak-anak SD Muhammadiyah 8 Jagalan Surakarta yang telah menyelesaikan pendidikan selama 6 tahun, selamat juga untuk bapak ibu guru yang telah memberikan bekal kepada siswa tidak hanya ilmu pengetahuan/akademik namun juga ilmu agama yang Insya Allah akan menjadikan siswa berkarakter baik,” ungkap Sunaryo

Sementara itu, Kepala SD Muhammadiyah 8 Jagalan Surakarta, Parimin Tedjo Pramono, berharap agar anak-anak yang telah lulus dapat menjaga nama baik sekolah di manapun berada. “Semoga anak-anakku dapat menjaga nama baik SD Muhammadiyah 8 Jagalan, serta yang utama jangan meninggalkan shalat,” tuturnya.

Kesuksesan acara pelepasan dan wisuda tahfidz ini merupakan hasil kerjasama antara sekolah dengan paguyuban wali siswa kelas enam. “Kami ucapkan terimakasih untuk kerjasama bapak ibu Wali siswa kelas enam yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini, semoga komunikasi dan ukhuwah kita dapat terus terjalin meskipun kita berpisah nanti,” ungkap Agus Nurhidayat selaku Ketua Panitia.

Selain prosesi pelepasan dan wisuda tahfidz, acara kali ini juga diisi dengan penampilan siswa kelas 4-5 yang tergabung dalam ekstrakurikuler tari dan tapak suci, serta para dai cilik SD Muhammadiyah 8 Jagalan. (Marina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

More articles