24.7 C
Yogyakarta
Senin, September 28, 2020

Basmi Kutu dengan Ekstrak Buah Apel Karya Mahasiswa UMP

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

Mataf UMY, Haedar Nashir: Jadilah Cendekiawan Berintegritas

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar kegiatan Masa Ta’aruf (Mataf) sebagai agenda yang wajib diikuti oleh para mahasiswa baru...

‘Aisyiyah Bangunjiwo Barat Gelar Cek Kesehatan Gratis

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Bangunjiwo Barat pada Ahad, 27 September 2020 membersamai ibu-ibu Pimpinan Ranting 'Aisyiyah (PRA)...

Pengkajian PDM Solok Bangkitkan Ghirah Bermuhammadiyah

SOLOK, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Solok melakukan pengkajian Muhammadiyah bagi PCM/PCA, organisasi otonom dan Amal Usaha, di MtsM Muhammadiyah,...

Lindungi Guru dari Covid-19, LLHPB ‘Aisyiyah Riau Bagikan 80 Paket APD

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah - Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) pimpinan wilayah 'Aisyiyah (PWA) Riau pada Jumat (25/9/2020) pagi membagikan Alat...

Banjir Bandang Sukabumi, Muhammadiyah Bantu Warga berbasis Prokes

SUKABUMI, Suara Muhammadiyah– Satu pekan pasca banjir bandang yang menerjang Sukabumi, Muhammadiyah tetap taati aturan protokol kesehatan dalam memberikan bantuan pelayanan bagi...
- Advertisement -

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah – Lima mahasiswa program studi managemen S1 Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) berhasil membuat inovasi sebuah ramuan ekstrak apel pembasmi kutu rambut.

Kelima mahasiswa tersebut adalah Lean Hidayanti Sa’diyah, Firda Ardianti Pratiwi, Tia Septiani, Damar Panji Kuncoro, dan Faris Abyan Shafly.

Ketua Tim Mahasiswa, Lean Hidayanti mengatakan pembasmi kutu rambut dari ekstrak apel itu diberi label “Apel_Ku”.

Menurutnya, produk tersebut dibuat menggunakan bahan baku apel yang didiamkan selama dua minggu serta campuran cuka apel organik dan air.

“Pertama semprotkan saja langsung ke kulit kepala dan batang rambut. Kemudian diamankan sekitar 1,5 jam (dibungkus dengan shower cap) setelah itu bilas dengan air menggunakan shampo,” ujar Lean Hidayanti, Kamis (20/6).

Lean Hidayani dan kawan-kawannya juga menjamin produk Apel_Ku mudah, praktis diaplikasikan, bahan yang berkualitas tinggi, aman, kemasan yang menarik dan harga yang terjangkau akan menarik perhatian orang untuk membelinya.

“Soal harga juga sangat terjangkau, yaitu hanya Rp 15 ribu perbotol sehingga siapa saja bisa membelinya,” ungkapnya.

Sementara itu, dengan didampingi  dosen FEB UMP Hadi Pramono,  SE MSi Ak.CA mengatakan tujuan utama para mahasiswa membuat Apel_Ku adalah sebagai upaya memberikan solusi mengurangi dan membasmi kutu rambut yang bisa menjadi momok bagi sebagian kalangan.

“Inovasi Apel_Ku juga dapat memotivasi dan membuka peluang bagi mahasiswa untuk menghasilkan karya bermanfaat sebagai bekal berwirausaha sebelum atau sesudah menyelesaikan studi,” ujarnya.

Menurutnya, apel dipercaya dapat membunuh kutu serta telur-telurnya, karena didalamnya mengandung vitamin A, B2, B16, C, D, sodium, magnesium serta zat besi.

“Ingin mendapatkan hasil maksimal, maka pergunakan ramuan ekstrak apel tersebut dengan cara disemprotkan langsung ke kulit kepala dan batang rambut yang masih kering,” pungkasnya. (tgr)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

More articles