Berita

Pengembangan Sekolah Muhammadiyah di Kancah Internasional

Kunjungan Jiangsu Vocational Institute of Architectural and Technology (Dok SM)
Kunjungan Jiangsu Vocational Institute of Architectural and Technology (Dok SM)

SEMARANG, Suara Muhammadiyah – Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta kembali menguatkan kerja sama dengan salah satu perguruan tinggi ternama di Negeri Tirai Bambu, Jiangsu Vocational Institute of Architectural and Technology. Kerja sama kali ini turut melibatkan Majelis Dikdasmen Pimpinan Pusat Muhamamdiyah dan Majelis Dikdasmen Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY.

Direktur Kerjasama Internasional UAD Dwi Santoso, MHum, PhD yang berkolaborasi dengan Agus Mutohhar, PhD menginformasikan kedatangan rombongan delegasi Jiangsu Vocational Institute of Architectural and Technology selama sepekan yang dimanfaatkan secara optimal dalam rangka pengembangan jaringan kerjasama.

Penandatanganan kerja sama dilakukan langsung oleh Rektor Jiangsu Vocational Institute of Architectural and Technology Prof Sun Jin dengan Rektor UAD  Dr Kasiyarno,MHum serta Wakil Ketua Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah dan Ketua Majelis Dikdasmen PWM DIY Dr Arief Budi Rahardjo, MSi bersama 16 Kepala Sekolah SMK Muhamamdiyah DIY di Hotel Gumaya  Semarang, Rabu 19 Juni 2019.

Melalui kerja sama tersebut diharapkan mampu meningkatkan kapasitas jejaring SMK Muhammadiyah di DIY dalam kancah internasional. Rektor UAD juga berharap ke depan tidak hanya 16 SMK yang hadir saat ini saja akan tetapi lebih banyak sekolah dan jenjang SD-SMP pun melalui UAD siap mengupayakan pengembangan sekolah Muhammadiyah di kancah Internasional bahkan tidak hanya dengan kampus di Tiongkok, juga di negara negara maju lainnya.

Upaya pengembangan jejaring tersebut terselenggara atas tindak lanjut dan koordinasi komunikasi dengan beberapa sekolah SMK Muhammadiyah DIY agar dapat mengakses Jiangsu Vocational Institute of Architectural and Technology yang terkenal sangat baik dalam hal vokasi.

UAD kemudian berkoordinasi dengan beberapa Kepala Sekolah yang pernah mengikuti training kepemimpinan sekolah dan program supervisi Kemdikbud RI bulan Februari-Maret 2019 yang lalu di Kampus Jiangsu Vocational Institute of Architectural and Technology. Yaitu Kepala SMP Muhammadiyah 1 Depok Abdulah Mukti, MPd, Kepala Sekolah SMK Muhamamdiyah 3 Kota Yogyakarta Suhandono dan Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Bantul Harimawan.

Setelah berkoordinasi ditetapkan program rintisan awal kerja sama dengan menetapkan 16 SMK Muhamamdiyah DIY meliputi SMK Muhammadiyah di Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Gunungkidul, Bantul dan Kulonprogo.

Kerja sama ini dibawah koordinasi UAD yang telah banyak mengirimkan Dosen studi Lanjut S3 di berbagai kampus ternama di Tiongkok, menerima mahasiswa asing Tiongkok di UAD dan pengembangan S2 Vokasi. (Riz)

Menandai

Tambah Komentar

Klik disini untuk memberikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *