smamda
Berita

Prodi D-4 Manajemen Informasi Kesehatan UMP Resmi Dibuka

Resmi dibuka: Prodi D-4 Manajemen Informasi Kesehatann (Dok UMP/SM)
Resmi dibuka: Prodi D-4 Manajemen Informasi Kesehatann (Dok UMP/SM)

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah – Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Dr Anjar Nugroho menerima surat keputusan (SK) pembukaan Program Studi Manajemen Informasi Kesehatan Program Sarjana Terapan dari Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) Wilayah VI Jawa Tengah Prof DYP Sugiharto tentang izin Pembukaan Prodi Manajemen Informasi Kesehatan Sarjana Terapan.

Dalam sambutannya, Rektor UMP Dr Anjar Nugroho mengucapkan rasa syukur atas penambahan program studi baru ini. Ia menyampaikan UMP adalah Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) yang paling banyak memiliki Program Studi dalam bidang Ilmu Kesehatan.

“Diantara PTM yang lain, UMP sebagai PTM yang paling banyak memiliki Program Studi dalam bidang Ilmu kesehatan. Sedikitnya kita telah memiliki 15 prodi (di bidang ilmu kesehatan), seperti kedokteran, farmasi dan lain sebagainya itu,” ungkap Anjar di Ruang Sidang lt. 2 Gedung Pusat UMP, Senin (24/6).

Menurutnya, khusus untuk prodi Manajemen Informasi Kesehatan ini adalah yang pertama kali dan satu-satunya di Jawa Tengah. “Mudah-mudahan dengan itu, program ini insya Allah sangat menjanjikan,” tuturnya.

Peluang tenaga kesehatan, kata Anjar, di masyarakat sangatlah besar, sementara program studi yang ada di Indonesia masih sangat minim. “Jadi seperti yang disampaikan oleh Prof DYP ini adalah yang pertama di Jawa Tengah, berarti memang prodi ini sangat langka,” imbuhnya.

Penerimaan mahasiswa baru akan dilaksanakan pada tahun akademik, “ulai tahun akademik ini kita akan menerima. Insya Allah nanti efektif penerimaan dimulai 1 September 2019.”

Sementara itu, Kepala LL Dikti Wilayah VI Jawa Tengah Prof DYP Sugiharto saat ditemui seusai acara mengungkapkan, perkembangan perguruan tinggi salah satunya ditandai dengan berkembangnya jumlah prodi baru. “Oleh karena itu, pemerintah telah memfasilitasi proses pengusulan prodi baru dengan mekanisme yang lebih jelas, dan durasi waktu yang lebih singkat,” ungkapnya.

Dalam sambutannya, Prof. DYP mengucapkan selamat kepada UMP atas penambahan program studi baru ini. ia menyampaikan rasa bangga terhadap UMP yang berkembang semakin pesat.

Prodi D-4 Manajemen Informasi Kesehatan yang ada di bawah Fakultas Ilmu Kesehatan UMP merupakn satu-satunya Prodi di lingkungan perguruan tinggi swasta maupun negeri di Jawa Tengah. “Dibutuhkannya prodi tersebut karena kebutuhan masyarakat,” pungkasnya. (ziz/tgr)

Tambah Komentar

Klik disini untuk memberikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *