Berita

Temu Haji Muhammadiyah Sedunia Digelar di Makkah

Dok PCIM Arab Saudi
Dok PCIM Arab Saudi

MAKKAH, Suara Muhammadiyah – Menjelang puncak pelaksanaan ibadah Haji 1440, Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Arab Saudi kembali menggelar acara Temu Haji Muhammadiyah di kota Makkah Al-Mukarramah.

Acara yang dilaksanakan di Hotel Abraj Taisir, Jarwal, pada tanggal 7 Agustus 2019 itu adalah Temu Haji yang kedua kali sejak PCIM Arab Saudi berdiri dua tahun yang lalu. Acara itu bertajuk “Menjalin Silaturahmi, Berbagi Inspirasi, Raih Mabrur Sejati”.

Dalam sambutannya, Ketua PCIM Saudi Hakimuddin Salim memaparkan berbagai rangkaian Program Khidmah Haji 1440 yang terdiri dari Posko Haji Virtual, Kajian & Penyuluhan, Bimbingan Ziarah, Layanan Qurban & Hadyu, Layanan Badal Haji, dan Temu Haji Muhammadiyah.

Kandidat doktor dari Universitas Islam Madinah ini juga mengingatkan pentingnya bersyukur atas panggilan Allah untuk berhaji, menjaga keikhlasan, dan melaksanakan manasik Haji sesuai Sunnah Nabi dan dengan penuh pemaknaan atas nilai-nilai tarbawi yang terkandung di dalamnya.

Ketua Pimpinan Pusat Busyro Muqoddas, yang hadir sebagai Naib Amirul Hajj menjelaskan bahwa Haji adalah momentum untuk saling mengenal antara kaum Muslimin dari berbagai bangsa, bahasa, dan warna kulit. Haji juga merupakan penegasan bahwa parameter kemuliaan manusia adalah pada ketakwaannya.

Dok PCIM Arab Saudi
Dok PCIM Arab Saudi

Ketua PP Muhammadiyah yang juga Sekretaris Jenderal MUI yang tahun ini berhaji dengan undangan Kerajaan Arab Saudi, Anwar Abbas mengingatkan bahwa Haji yang dilaksanakan harus membekas pada perilaku sehari-hari. Haji Mabrur adalah yang semakin baik bukan hanya hubungannya kepada Allah Taala saja, tetapi juga hubungan sesama manusia.

Shamsi Ali, Imam Masjid New York, yang berangkat Haji dari Amerika Serikat, menyampaikan bahwa jama’ah Haji Muhammadiyah harus bisa menunjukkan pelaksanaan Haji yang beradab dan berkemajuan. Alumni Pesantren Darul Arqom Muhammadiyah Gombara ini juga berbagi pengalaman dakwahnya di negeri Paman Sam.

Menurut Ketua Panitia Abdullatif Ridho acara tersebut berlangsung khidmat dan antusiasme peserta begitu terasa. Acara ini dihadiri sekitar seribu orang, selain jama’ah Haji Muhammadiyah dari Indonesia, hadir juga dalam acara ini perwakilan PCIM dari berbagai negara seperti PCIM Jordan, PCIM Pakistan, PCIM Mesir, PCIM Tiongkok dan PCIM Amerika Serikat.(Riz)

Tambah Komentar

Klik disini untuk memberikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *