obrolan_cendekia
Kontingen Pimnas UMSU siap berlaga (Dok Syaiful Hadi/SM)
Kontingen Pimnas UMSU siap berlaga (Dok Syaiful Hadi/SM)
Berita

Ribuan Ilmuwan Muda Bertarung di Pimnas 32 Bali

DENPASAR,  Suara Muhammadiyah – Dipastikan 1.614 ilmuwan muda akan berpartisipasi dalam Pekan Ilmiah MahasiswaNasional (PIMNAS) ke-32 tahun 2019 yang akan diselenggarakan di Universitas Udayana, Kampus Unud Bukit Jimbaran, Bali pada 27-31 Agustus 2019.

Peserta PIMNAS ke-32 berasal dari 126 perguruan tinggi seluruh Indonesia di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), terdiri dari 70 perguruan tinggi negeri, dan 56 perguruan tinggi swasta. Mereka akan mempresentasikan 460 judul karya ilmiah dan dinilai 71 orang juri.

Dari 126 PT yang “bertarung” di UNUD Balu itu Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menjadi PTS/PTM yang menyertakan 6 tim dengan peserta 25 orang.

Beberapa PTM lainnya yang berpartisipasi pada PIMNAS 32 adalah UM Magelang 4 tim, UM Surakarta 4 tim, UM Purworejo 3 tim,  UM Surabaya 3 tim, STKIP Bone, UAD, UM Sampit, UM Malang, UM Pontianak, UM Purwokerto , UM Yogyakarta masing-masing 2 tim.

Pimpinan Kontingen PIMNAS UMSU Fatimah Sari Siregar menjelaskan, tim UMSU siap untuk menghadapi PIMNAS di UNUD. Fatimah Sari Siregar didampingi beberapa Wakil Dekan dan Dosen Pendamping.

Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Na’im mengharapkan kegiatan PIMNAS menjadi cikal bakal kelahiran invensi dan inovasi dari kalanganmahasiswa yang dapat dikembangkan dan dibina menuju produk skala industri.

“Kami berharap tentu ini menjadi acara yang sukses yang mendukung visi Kementerian untuk menghasilkan generasi kompeten dalam mengisi pembangunan,” ujar Ainun seperti dikutip dari rilis resmi Kemenristekdikti.

Tema PIMNAS ke-32 “Mewujudkan mahasiswa Indonesia yang kreatif, inovatif, unggul, dan mandiri berlandaskan budaya nasional dalam bingkai kebhinekaan” sangat erat terkait dengan tema HUT ke-74 RI yaitu “SDM Unggul, Indonesia Maju”.

PIMNAS merupakan upaya dalam membangun SDM Unggul dan utuh dalam arti mahasiswa berkompetisi tidak dalam kemampuan hard skill saja, tetapi juga soft skilltetapi juga aspek-aspek terkait leadership, komunikasi, presentasi juga sangat dituntut.

PKM dinilai berdasarkan beberapa indikator seperti Gagasan Futuristik Konstruktif (GFK), Gagasan Tertulis (GT), Kewirausahaan (K), Karya Cipta (KC), Pengabdian Masyarakat (M), Bidang Eksakta (E), Bidang Sosial Humaniora (SH) dan Teknologi.

Pembukaan PIMNAS ke-32 digelar di Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park Badung, Bali yang dibuka Menristekdikti M Nasir, Selasa (27/8).Acara pembukaan diramaikan dengan pergelaran seni budaya bertajuk “Satu dalam Kebhinekaan”.

Sementara itu, acara penutupan dan pengumuman juara rencananya akan digelar di Taman Budaya Art Centre Denpasar, Jumat (30/8). (Syaifulh/ Rizq)

Tambah Komentar

Klik disini untuk memberikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *