Berita

PKKMB UMPRI Tangkal Radikalisme di Kampus

Penutupan PKKMB UMPRI

PRINGSEWU, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Pringsewu (UMPRI) gelar Penutupan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Acara ini berlangsung di Gedung Graha KH. Ahmad Dahlan Fakultas Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pringsewu pada Sabtu, (7/9).

Penutupan dihadiri oleh para pimpinan Fakultas dan ikuti oleh mahasiswa sebanyak 1073 mahasiswa baru UMPRI tahun akademik 2019/2020 terdiri dari Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan sebanyak 310 mahasiswa, Fakultas Ekonomi sebanyak 120 mahasiswa, Fakultas Kesehatan sebanyak 628 mahasiswa, Fakultas Agama Islam sebanyak 15 mahasiswa.

Ketua panitia Ns. Cikwanto, M.Kep, dalam laporannya Ia juga  menyampaikan terimakasih kepada seluruh pimpinan masing-masing Fakultas dan seluruh panitia yang sudah ikut berpartisipasi dalan melancarkan acara PKKMB UMPRI. Ketua Panitia berpesan pada peserta PKKMB UMPRI harus dapat dijadikan momentum bagi mahasiswa baru untuk mendapat informasi yang tepat mengenai sistem pendidikan di perguruan tinggi baik bidang akademik maupun non-akademik.

PKKMB UMPRI juga diharapkan dapat menjadi penyadaran akan adanya hal-hal yang dapat menghambat studi mahasiswa baru termasuk bisa menghambat pencapaian tujuan nasional misalnya masalah radikalisme, terorisme, penyalahgunaan narkoba, plagiarisme, korupsi dan lainnya.

Selain itu PKKMB UMPRI juga diharapkan merupakan ajang penyadaran akan pentingnya pemahaman tentang globalisasi dan revolusi industri 4.0 yang menuntut mahasiswa untuk menjadi orang-orang yang menghayati dan memiliki literasi data, literasi teknologi dan literasi kemanusiaan serta kesiapan untuk penguasaan kompetensi yang diperlukan di abad ke-21.

Kompetensi-kompetensi itu antara lain kemampuan berpikir nalar kreatif dan kritis, problem solving, terampil berkomunikasi, berkolaborasi, memahami bidang kerja dan pengembangan karirnya serta melek digital.

Pelepasan tanda peserta PKKMB UMPRI secara simbolis diwakilkan oleh Drs. Wanawir Am, M.M.,M.Pd dan sekaligus secara resmi menutup acara PKKMB UMPRI Tahun 2019/2020. Sebelumnya, dalam pelaksanaan PKKMB dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. Heri Iswahyudi, MPd.I, dalam hal ini diwakili oleh Drs. Rustiyan, M.Pd. Sekaligus sebagai pemateri “Gerakan Nasional Revolusi Mental”.

Kodim Tanggamus Letkol Arh Anang Hasto Utomo sekaligus sebagai pemateri “Kesadaran Bela Negara” dan Bapak Kapolres Tangamus AKBP Hasmu Baroto dalam hal ini diwakilkan oleh Kasat Binmas Iptu Hi. Irfansyah Panjaitan sebagai Pemateri “Pencegahan Radikalisme, Terorisme dan Narkoba”.(Riz)

Tambah Komentar

Klik disini untuk memberikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *